image

Lorenzo Kalah Pintar Adu Strategi dengan Dovizioso

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 10 September 2018

SPORTKU.COM

Jorge Lorenzo menjadi salah satu penantang terkuat untuk meraih kemenangan di MotoGP San Marino 2018.

Sejak sesi latihan bebas, penampilan Lorenzo memang sudah terlihat apik. Hingga babak kualifikasi, pebalap Ducati ini masih dalam performa terbaiknya. Berhasil kemas waktu terbaik 1menit 31.629detik, membuat Lorenzo menempati posisi pole.

Memulai balapan dari grid terdepan memang memberikan keuntungan tersendiri. Balapan yang harus ditempuh selama 27 lap di Sirkuit Misano pun berjalan mulus bagi Lorenzo. Dia langsung memimpin jalannya perlombaan. Namun saat balapan menyisakan 22 lap, Lorenzo berhasil disalip oleh rekan setimnya Andrea Dovizioso.

Berada di posisi kedua, Lorenzo dipertemukan dengan Marc Marquez (Repsol Honda) dalam perebutan podium runner up. Sepanjang balapan, kedua bintang MotoGP ini terus memperlihatkan kekuatannya masing-masing. Di sisa 14 lap, Marquez berhasil salip Lorenzo dari sisi dalam.

Saat balapan menyisakan 9 lap, Lorenzo kembali ambil alih posisi kedua. Namun sial, pada lap 25 atau di 2 lap terakhir, Lorenzo alami kecelakaan dan akhirnya hanya finish ke-17. Lorenzo mengatakan ada hal positif meskipun hasil akhirnya tak sesuai harapan.

Lorenzo mengatakan kunci terbesarnya adalah di pemilihan ban. Dimana saat balapan, pebalap Spanyol ini memilih menggunakan ban Michelin dengan compound medium untuk depan dan belakang. Pilihan ini sama dengan milik rekan setimnya Dovizioso yang berhasil menangi balapan. Hanya saja, Lorenzo memilih untuk lebih menekan sejak awal. Lain dari strategi yang digunakan Dovizioso yang santai di lap-lap awal.

Baca Juga
Ketua Baru Xeoners Gorontalo

"Salah satu kunci hari ini adalah ketidakmungkinan untuk memilih ban soft, terutama ban belakang. Itu (ban soft) hancur setelah 10 lap dan ada terlalu banyak perbedaan antara ban soft dengan medium. Bagian depan saat pemanasan kami memakai ban depan dan belakang soft. Tapi karena bagian belakang tidak memungkinkan, jadi menciptakan beberapa masalah di bagian depan. Itu membuat saya memilih ban medium saat balapan," ungkap Lorenzo.

Namun dengan pemilihan ban medium di bagian depan dan belakang, tak lantas membuat Lorenzo merasa nyaman saat balapan. "Saya sangat tidak nyaman dalam pengereman, terutama di bagian depan, karena saya tidak memiliki grip dan tidak bisa menghentikan sepeda motor. Terlalu banyak memaksa ban depan dan mempertaruhkan banyak hal," imbuhnya.

Menjelang akhir-akhir balapan, Lorenzo mengatakan jika situasi mulai membaik. Tetapi berbagai rintangan sepanjang balapan terus dia temui. Apalagi dia harus bertaruh semuanya untuk bisa finish di posisi kedua. Dimana di saat bersamaan juga ada Marquez yang tampil kuat.

“Saya menjadi lebih baik dan lebih baik, memiliki perasaan yang lebih baik di lap-lap akhir, tetapi kami juga kehilangan banyak waktu selama 10 lap untuk bertarung dengan Marc. Saya pikir Marc tahu dia tidak bisa menang hari ini sehingga dia mencoba menghentikan saya dan membiarkan Dovi pergi. Kesempatannya adalah untuk menghentikan saya dan berjuang untuk podium kedua, yang membuat saya kehilangan beberapa detik dan membuat saya mengambil banyak risiko saat mencoba untuk menangkapnya."

"Mungkin hari ini dengan ban medium, saya bisa mendorong sedikit lebih di awal. Tapi saya tidak merasa hebat dalam pengereman, jadi saya menghemat energi dan ban, Dovi sangat fokus dan berkendara dengan sangat baik.Dan Marc mengalahkan saya ketika saya membuat kesalahan, dia tidak ingin saya menarik diri," tutup Lorenzo.

Baca Juga
Ali Adrian Cari Pengalman Balap di CEV Spanyol
Atlet Tersandung Kasus, Medali Emas Mongolia di Asian Games 2018 Dicabut

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 10 September 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company