image

Ini Masalah yang Membuat FIA Protes Terhadap Scuderia Ferrari

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Ferrari, autosport | Editor: Dedi Hermawan | 10 September 2018

uploads/news/2018/09/scuderia-ferrari-diprotes-oleh-86829c1ce0576bc.jpg

Scuderia Ferrari Diprotes oleh FIA

gp-spanyol-formula-1-7131712eb2f6933
SPORTKU.COM

Scuderia Ferrari dituduh bermain curang. Salah satu indikasinya adalah lewat cara seperti yang mereka lakukan ini.

Sebelum balapan di mulai, untuk tetap menjaga kerahasiaan apa yang ada di balik kemudi, serta settingan apa yang dikerjakan, memang menjadi rahasia bagi tim balap. Namun, dari sisi FIA, seharusnya tim balap tidak melakukan hal yang sekiranya menutup-nutupi sebuah nilai transparansi.

Scuderia Ferrari, baru-baru ini diperintahkan oleh FIA untuk berhenti melakukan penutupan terhadap kamera di atas mobil. Beberapa kali, memang Scuderia Ferrari tertangkap kamera tengah menutupi kamera di bagian atas mobil.

Dalam melakukan itu, tim yang dinahkodai oleh Maurizio Arrivabene ini melakukannya dengan kain, sehingga kamera tidak dapat melihat bagian kemudi setir dan depan mobil.

Baca juga:
PASCA PENSIUN, KRIS MEEKE KEMBALI MEMBALAP

Ada sebuah spekulasi yang berkembang saat Scuderia Ferrari melakukan itu. Menurut Scuderia Ferrari, hal tersebut dilakukan untuk menjaga suhu kamera mobil agar tetap dingin. Namun, beberapa tim lain percaya bahwa mereka sedang menutupi lensa televisi, sehingga rival mereka tidak bisa melihat setir atau pengaturan mobil.

Meskipun sempat ditegur oleh Direktur Balap F1, Charlie Whiting, namun Scuderia Ferrari tidak kehabisan akal. Setelah mereka tidak lagi menggunakan kain sebagai penutup, tim yang berbasis di Maranello ini menutupi bagian tersebut dengan penutup yang berbeda. Jika pertama mereka menggunakan benda semacam cooling bag, kini mereka menutupnya menggunakan payung.

Salah seorang juru bicara FIA di Monza, Italia, beberapa waktu lalu ikut berkomentar. "Kami memang meminta Ferrari untuk berhenti menggunakan cooling bag itu. Alasan utamanya adalah bahwa Formula One Management tidak senang pada tindakan tersebut. Masalahnya adalah salah satu suhu ECU internal akan terus dipantau oleh FIA lewat FOM," ujar sumber yang enggan disebut namanya.

Baca juga:
VOLKSWAGEN PANASKAN KEMBALI WRC


Cara Ferrari yang Dianggap curang oleh rivalnya, dengan menutupi kamera di mobilgp-spanyol-formula-1-7131712eb2f6933.jpg

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Ferrari, autosport | Editor: Dedi Hermawan | 10 September 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company