image

Pebalap Wanita Pertama di MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : Pinterest, Pinterest | Editor: Andi Wahyudi | 13 September 2018

SPORTKU.COM

Kehadiran wanita di ajang balap bukan hal baru. Bukan hanya sekadar umbrella girl saja. Tapi juga turun balap bersaing dengan pebalap pria.

Meski profesi sebagai seorang pebalap sangat berisiko tinggi, namun hal itu tak membuat mereka mundurkan langkah. Salah satu wanita yang menggeluti pekerjaan sebagai pebalap adalah Gina Bovaird.

Hingga saat ini, perempuan asal Boston, Amerika Serikat tersebut tercatat menjadi satu-satunya pebalap wanita yang pernah berkompetisi di MotoGP pada kelas premier GP500.

Nama Gina Bovaird terukir pada saat gelaran GP (Grand Prix) Hockenheim, Prancis tahun 1982 silam. Menjadi pebalap wanita rupanya tidak mudah. Banyak risiko yang harus dilaluinya. Bahkan dirinya sempat terancam gagal mengikuti balapan karena adanya beberapa masalah yang timbul.

Saat itu, tim pabrikan asal Jepang melakukan pemboikotan atas balapan yang berlangsung di Nogaro, Prancis itu. Namun, pada akhirnya Gina Bovaird tetap dapat tampil dengan mengendarai motor Yamaha TZ 500 dan gagal finish karena kecelakaan. Sebelumnya, Gina Bovaird dikabarkan akan membalap menggunakan motor Suzuki RG500.

Baca Juga
MotoGP Misano Penuh Drama

Pada eranya, nama Gina Bovaird memang menjadi buah bibir di kalangan pecinta balap. Sebelum balapan di GP Prancis, Gina Bovaird juga membalap di ajang AMA. Dia juga menjadi wanita pertama yang berada di antara sepuluh pebalap teratas dalam perlombaan AMA.

Pada tahun 1979, ia ikut serta dalam balapan sepeda motor Amerika Daytona 200 di Daytona International Speedway. Dia memecahkan rekor sebagai pendatang baru tercepat dengan kecepatan rata-rata 228 km/jam. Prestasi yang luar biasa ini membuatnya semakin dikenal publik.

Gina Bovaird kemudian diundang pada tahun 1980 oleh penyelenggara lomba di Brands Hatch (Inggris), dimana dia mengendarai Yamaha TZ500 polos. Pada ajang tersebut, pebalap wanita kelahiran 29 Mei 1949 ini sama sekali tidak membawa iklan.

Lalu, Gina Bovaird yang sudah memulai balapan sejak tahun 1970 di Kelas 125cc ini juga pernah berkompetisi di beberapa event di tanah Eropa. Termasuk keikutsertaannya selama dua musim berturut-turut (1981 dan 1982) di Imola 200, balapan sepeda motor sepanjang 200 mil (320 km) yang diadakan setiap tahun di Imola, Italia.

Baca Juga
Mengenal Dua Pebalap Muslim MotoGP
Karier Wayne Rainey Berakhir di Kursi Roda

Text : Suhartono | Photo / Video : Pinterest, Pinterest | Editor: Andi Wahyudi | 13 September 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company