Samosir Suguhkan Trek Sepeda Menantang

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Muhamad Dahroji | Editor: Andi Wahyudi | 14 September 2018

Bersepeda di Samosir (1)

SPORTKU.COM

Pulau Samosir dan Danau Toba adalah nama yang sudah tidak asing lagi sebagai salah satu tujuan wisata unggulan.

Popularitas Samosir dan Toba pun tak hanya di dikenal di tanah air tapi juga mancanegara. Hal itu tak lepas dari panorama alam yang sangat menawan hasil paduan danau raksasa serta gugusan pegunungan yang mengelilinginya.

Akan tetapi, Toba dan Samosir ternyata bukan hanya bisa dinikmati oleh para pelancong yang ingin memperkaya pengalaman maupun menambah jumlah foto pribadinya di media sosial. Toba-Samosir ternyata juga bisa menjadi tujuan yang menarik bagi kalangan penggemar bersepeda.

Bagi para penggemar bersepeda, kawasan Toba Samosir menawarkan jalur bersepeda yang menarik sekaligus menantang. Ratusan kilometer jalan raya yang terbentang di kawasan ini bakal memuaskan dahaga para pesepeda dari seluruh dunia.

Dengan kondisinya yang demikian, kawasan Toba Samosir pun pernah menjadi tempat perhelatan event bersepeda berskala nasional hingga internasional, seperti Toba Audax ataupun lomba balap sepeda marathon GFNY Samosir yang dihelat pada awal September lalu.

Sebagai gambaran umum bagi penggemar sepeda yang haus untuk “melahap” jarak, Anda bisa menempuh sebuah rute yang berjarak sekitar 108km. Perjalanan bisa dimulai dari pusat pariwisata di Samosir, Tuktuk Siadong, dan kembali ke lokasi semula.

Baca juga:
YT RILIS MTB DOWNHILL BARU TUES AL

Baca juga:
BALASKAN DENDAM JOJO, ANTHONY GINTING KE PEREMPAT FINAL JEPANG TERBUKA 2018

Dari Tuktuk, perjalanan bisa diarahkan ke Pangururan yang merupakan ibukota Kabupaten Samosir, kemudian menuju Sianjur Mulamula. Lalu dilanjutkan dengan kembali ke Pangururan dan Tuktuk.

Jalur ini sendiri sangatlah menarik untuk dijelajahi karena selain jalan yang sudah cenderung mulus dan sepi, medannya pun bervariasi. Dari Tuktuk ke Pangururan misalnya, karakter lintasannya didominasi kondisi mendatar. Para pesepeda juga akan melalui atau singgah di beberapa lokasi wisata yang terkenal, diantaranya desa budaya Simanindo dan pemukiman warga yang didominasi oleh rumah Batak yang khas.

Dari Pangururan, kondisi lintasan mulai berubah. Setelah jembatan panjang yang menghubungkan Samosir dengan daratan Sumatera, Anda akan disambut jalur yang mulai menanjak, yang makin lama makin ekstrem. Tanjakan berakhir di sebuah daerah yang disebut Sianjur Mulamula, yang dalam tradisi Batak, dipercaya sebagai lokasi pertama tempat diturunkannya orang Batak di bumi.

Lepas dari sana, kondisi trek cenderung turun, disini, Anda bisa bisa memacu sepeda sepuasnya, meski sebaiknya harus tetap berhati-hati agar terhindar dari crash (kecelakaan).

Sepanjang perjalanan ini, udara yang hirup terasa segar, dan sejuk. Dan ketika di kawasan Sianjur Mulamula, Anda bisa menikmati panorama Danau Toba dari sudut yang mungkin jarang terekspos pada foto-foto di media sosial atau media lainnya. Dari data yang tersedia, total jarak pendakian pada rute ini mencapai 1.136 meter.

Pemandangan indah bisa dinikmati hampir di sepanjang jalan  

race-gnfy-samosir-751027314558437.jpg

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Muhamad Dahroji | Editor: Andi Wahyudi | 14 September 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Tim WorldTour di Tour Rwanda

Tim WorldTour di Tour Rwanda

ROAD BIKE
KFC Cycling Team Terbaik

KFC Cycling Team Terbaik

ROAD BIKE
Pebalap Gaek Italia Dapatkan Tim?

Pebalap Gaek Italia Dapatkan Tim?

ROAD BIKE
Duo Tangerang Kembali Sabet Emas

Duo Tangerang Kembali Sabet Emas

ROAD BIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company