image

Mengenal Sirkuit Jalan Raya Marina Bay Tempat Berlangsungnya GP Singapura

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Grand Prix Singapura | Editor: Andi Wahyudi | 14 September 2018

SPORTKU.COM

Marina Bay merupakan jalan raya yang diubah menjadi sirkuit saat balapan Grand Prix Formula 1 Singapura.

Sirkuit ini pertama kali menggelar balapan jet darat pada tahun 2008 dan memiliki panjang lintasan 5,063km dengan 23 tikungan, terdiri dari 14 tikungan ke kiri dan sembilan tikungan ke kanan. Bila melihat jumlah tikungannya, maka Marina Bay menjadi sirkuit dengan belokan paling banyak dibandingkan sirkuit lainnya pada musim ini.

Sirkuit Marina Bay yang didesain oleh Hermann Tilke, merupakan lintasan yang memiliki karakter lambat. Belum lagi, sering munculnya safety car, membuat GP Singapura menjadi balapan yang terlama dalam sepanjang musim dengan tak ada waktu kurang dari 1jam 56menit.

Tercatat dari awal digelarnya balapan Formula 1 hingga musim lalu, sudah ada 17 safety car yang muncul di tengah berlangsungnya balapan.

Fernando Alonso yang kala itu membalap untuk tim Renault berhasil menjadi yang pertama memenangkan balapan malam hari di Grand Prix Singapura. Sementara rekor lap tercepat masih dipegang oleh Lewis Hamilton dengan durasi 1menit 45.008detik yang diukir pada 2017.

Baca Juga :
Jadwal Lengkap Formula 1 GP Singapura 2018

Alonso juga merupakan satu-satunya pebalap yang pernah melakukan grand chelem (merebut pole, fastest lap dan menang balap) pada musim balap tahun 2010 bersama Ferrari.

Sedangkan Sebastian Vettel merupakan pebalap yang meraih kemenangan terbanyak di GP Singapura dengan total empat kali juara (2011, 2012, 2013, 2015). Pebalap F1 lainnya yang masih aktif dan juga pernah menang di Singapura adalah Lewis Hamilton (2009, 2014, 2017) dan Fernando Alonso (2008, 2010).

Soal kondisi cuaca, pada musim lalu juga, untuk pertama kalinya balapan malam hari ini diwarnai oleh guyuran hujan yang turun sejak sore di hari Minggu. Saat itu, Romain Grosjean menyoroti kurang idealnya mengemudikan mobil F1 di malam hari di bawah siraman hujan. Karena menurutnya, dengan terangnya lampu, dan jika ada semprotan air, maka penglihatan pebalap akan menjadi minim.

Balapan GP Singapura di malam hari juga menyajikan pemandangan kota yang terkenal dengan latar belakang spektakuler, seperti Hotel Marina Bay Sands hingga bianglala Singapore Flyer.

Balapan GP Singapura di Sirkuit Jalan Raya Marina Bay dipastikan akan terus berlangsung hingga musim 2021, setelah CEO F1, Chase Carey menyambut penandatanganan kontrak yang melibatkan promotor GP Singapura, Dinas Pariwisata Singapura, dan Liberty Media.

Baca Juga :
Fernando Alonso Jajal Mobil Indycar

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Grand Prix Singapura | Editor: Andi Wahyudi | 14 September 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company