image

Italia Masih Mencari Jati Diri

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Hadalsame | Editor: Andi Wahyudi | 15 September 2018

SPORTKU.COM

Italia tengah dalam periode peralihan dan tengah mencari gaya permainan yang pas dengan skuat yang didominasi wajah baru.

Italia harus menelan pil pahit setelah dikalahkan oleh Portugal dengan skor 0-1 dilanjutan laga League A Grup 3 UEFA Nations League di Estadio da Luz, Lisabon, Selasa 11 September 2018 lalu berkat gol tunggal yang dicetak oleh Andre Silva.

Berkat kekalahan ini membuat Italia untuk sementara berada di posisi buncit di League A Grup 3 UEFA Nations League lantaran dalam dua pertandingan yang dilakoni, anak asuh Roberto Mancini belum sekalipun meraih kemenangan.

Sebelumnya, Italia sendiri harus bermain imbang 1-1 melawan Polandia. Gli Azurri bahkan sempat tertinggal terlebih dahulu oleh gol Piotr Zielinski pada menit ke-40 dan baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-78 lewat tendangan penalti yang dilesahkan oleh Jorginho.

Dengan demikian, selain belum meraih kemenangan, Italia hanya sanggup mencetak satu gol. Itu pun melalui titik penalti. Selain itu, bila dalam dua pertandingan berikutnya tak bisa meraih hasil maksimal maka mereka dipastikan akan terdegradasi ke League B.

Tentunya menilik dari hasil dua pertandingan yang dilakukan oleh Italia menjadi sebuah hal negatif mengingat mereka tengah dalam kampanye untuk kembali bangkit pasca kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018 beberapa waktu lalu.

Padahal, sejatinya, pihak Asosiasi Sepak Bola Italia (FIGC) tengah dalam upaya memperbaiki kualitas skuat timnas dengan mengontrak Mancini, sosok pelatih kaya prestasi yang diharapkan mampu membawa Italia kembali terbang tinggi.

Penyegaran dalam tubuh Timnas Italia sendiri pun terjadi lantaran pemain-pemain veteran macam Andrea Barzagli, Gianluigi Buffon serta Daniele De Rossi memilih untuk pensiun dari ajang internasional sehingga kepergian mereka diharapkan bisa memberikan tempat bagi pemain yang lebih muda.

Namun sayangnya, di tengah proses perbaikan tak selamanya berjalan mulus. Bahkan yang muncul justru batu sandungan dimana salah satunya adalah kekalahan atas Portugal.

Baca juga
FDR Siapkan Ukuran Baru Dozer

Mancini yang baru ditunjuk sebagai pelatih pada Mei 2018 lalu seolah-olah tengah mencari jati diri bagi Timnas Italia dengan mencari gaya permainan yang pas dengan skuat yang didominasi wajah baru tersebut.

Bila menilik pada skuat Italia melawan Polandia, Mancini menerapkan formasi 4-3-3. Sementara saat berhadapan Polandia, pelatih berusia 53 tahun tersebut menggunakan formasi yang berbeda dari sebelumnya, yakni 4-4-2.

Tak hanya formasi, tetapi juga dalam daftar starting line up. Saat melawan Polandia, Mancini memilih Mario Balotelli sebagai ujung tombak yang dikawal oleh Roberto Insigne dan Federico Bernardeschi. Sementara, saat jumpa Portugal, mantan pelatih Manchester Citu itu menduetkan Ciro Immobile dengan Simone Zaza sebagai penyerang ganda yang disupport oleh Giacomo Bonaventura dan Federico Chiesa.

Tak hanya itu, saat berhadapan dengan Portugal, Mancini merusak tradisi dimana untuk pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir, tak ada pemain asal Juventus yang berada dalam starting line up. Ia beralasan bahwa dirinya ingin memberikan kepada semua pemain alias rotasi.

Dalam dua pertandingan tersebut hanya ada dua pemain yang tak dirotasi oleh Mancini. Adapun dua pemain tersebut adalah penjaga gawang Gianluigi Donnarumma dan gelandang serbaguna, Jorginho.

“Kami harus membiarkan mereka berkembang, tak ada hal lain yang bisa dilakukan. Ketika pemain masih muda dan baru memulai bermain di level ini, ia akan menemui masalah, kami tahu itulah yang akan terjadi," imbuh Mancini seperti dikutip dari Football Italia.

"Ketika level kebugaran kami lebih baik lagi, itu adalah hal yang positif, tapi masalah utama yang harus kami pecahkan adalah tak mencetak gol," sambungnya.

Baca juga
Barcelona Rekrut Komentator TV Jadi Pemandu Bakat

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Hadalsame | Editor: Andi Wahyudi | 15 September 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company