image Annika Langvad (kiri) bersama Henrique Avancini di atas podium (Foto: UCI) Henrique Avancini (Foto: UCI) Annika Langvad (Foto: UCI)

Rider Brasil dan Denmark Juara Dunia MTB Cross Country Marathon 2018

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : UCI | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: UCI | 17 September 2018

uploads/news/2018/09/brasil-denmark-juara-dunia-xc-68131984ffd1315.jpg

Brasil-Denmark Juara Dunia XC Marathon

juara-dunia-mtb-cross-38641898f634ee8
juara-dunia-mtb-cross-94555f10a76fbce
juara-dunia-mtb-cross-88350682dc6ad15
SPORTKU.COM

Henrique Avancini menjadi pebalap Brasil pertama dalam sejarah MTB yang sukses memenangkan gelar juara dunia XCM di Italia, akhir pekan lalu.

Avancini menjadi juara dunia Cross Country Marathon 2018 di kelas putra setelah menorehkan waktu 5jam 8menit 29detik. Dia juga kemudian unggul atas rider Austria Daniel Geisnayr dan Hector Leonardo Paez Leon (Kolombia).

Di awal lomba, kelompok pemimpin yang berjumlah 14 pebalap terpangkas secara bertahap, menjadi hanya lima rider saat pendakian Tre Cime - Avancini, Hector Paez Leon (Kolombia), Howard Grotts (AS), Alexey Medvedev (Rusia) dan Daniel Geismayr (Austria), peraih medali perunggu yang masih bertahan.

Paez Leon adalah pebalap pertama yang menyerang. Tetapi Avancini dan Geismayr mampu meredamnya dan menjatuhkan pebalap lainnya.

Pada kilometer terakhir, Avancini dan Geismayr masih bersama. Sementara Paez Leon hanya 10 meter di belakang kedua rider tersebut, menyiapkan diri untuk menyelesaikan sprint setelah 102kilometer.

Avancini keluar dari tikungan terakhir dengan memimpin beberapa sepeda dan menahannya ke garis finish.

Usai race Avancini mengaku bahwa dia tidak menyangka bisa menjadi juara pada race ini.

"Saya tahu saya dalam kondisi baik. Tetapi juga sadar saya adalah orang luar," kata Avancini.

"Untuk memainkan kartu terbaik saya, saya mencoba mematahkan laju pebalap Marathon lain dan saya pikir saya berhasil. Saya tidak memiliki disiplin yang favorit; saya merasa bahwa saya adalah rider pertama dan selama musim ini. Saya sudah mencoba untuk menunjukkannya. Saya tidak berharap untuk menutup tahun ini dengan gelar juara dunia," tambahnya.

Baca juga:
LOTTONL-JUMBO KIRIM TIM MUDA KE KEJUARAAN DUNIA

Baca juga:
PETARUNG TERBAIK ASAL PRANCIS SIAP BERAKSI DI JAKARTA

Race Putri

Sebelumnya, digelar race untuk kategori Elite Putri. Di kelas ini, rider Denmark Annika Langvad berhasil mempertahankan gelarnya dan menjadi kemenangan kelimanya di ajang Marathon.

Perlombaan pada kategori putri berlangsung ketat. Sebagian besar pesaing teratas saling berdekatan ketika melewati pendakian pertama, termasuk Langvad, Gunn-Rita Dahle Flesjaa (Norwegia) dan Maja Wloszczowska (Polandia).

Namun, pada saat mereka mencapai tanjakan Tre Cime, hanya Langvad yang berada di depan, diikuti oleh Christina Kollmann-Forster (Austria), dan Wloszczowska di urutan ketiga. Di belakangnya terdapat Dahle Flesjaa, juara dunia XCO (Cross Country Olympic) empat kali, dan Kate Courtney dari AS - juara dunia XCO tahun ini, finish di peringkat sembilan.

"Benar-benar sulit, pastinya balapan paling selektif yang pernah saya ikuti," kata Langvad.

"Saya mencoba untuk menjadi agresif sejak pendakian pertama. Karena saya merasa baik-baik saja, saya mempertahankan kecepatan saya sampai akhir, dan saya berhasil meningkatkan jarak dari lawan saya. Saya tidak bisa lebih bersemangat mengakhiri musim seperti ini! Terima kasih banyak kepada semua orang dan tim sepeda gunung Specialized saya yang berada di belakang saya untuk membuat ini menjadi mungkin," jelas Langvad.

Kejuaraan Dunia Sepeda Gunung Maraton 2018 berlangsung di salah satu pemandangan terindah di dunia, tepatnya di kawasan situs Warisan Dunia UNESCO, Tre Cime di Lavaredo, di pegunungan Dolomites, Italia.

Pada Kategori Putri, kejuaraan dunia kali ini menempuh jarak 89kilometer dan mendaki setinggi 3.400 meter. Sementara para kategori putra menempuh jarak 102kilometer dan naik 4.200 meter.

Annika Langvad (kiri) bersama Henrique Avancini di atas podium (Foto: UCI)
juara-dunia-mtb-cross-38641898f634ee8.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : UCI | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : UCI | 17 September 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Petualangan Micayla Gatto

Petualangan Micayla Gatto

CROSS COUNTRY
Tim Enduro Pabrikan Pole

Tim Enduro Pabrikan Pole

ENDURO
Rider Baru Tim Orbea

Rider Baru Tim Orbea

ENDURO
Jalur Lomba Urban Downhill Terpanjang

Jalur Lomba Urban Downhill Terpanjang

DOWNHILL

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company