image Aksi Ott Tanak di Reli Turki 2018 Aksi Ott Tanak di Reli Turki 2018 Aksi Ott Tanak di Reli Turki 2018 Aksi Ott Tanak di Reli Turki 2018

Menang di Turki, Ott Tanak Sekaligus Cetak Hattrick di WRC

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Red Bull Content Pool | Editor: Andi Wahyudi | 17 September 2018

uploads/news/2018/09/ott-tanak-cetak-hattrick-641841abfe6e3de.jpg

Ott Tanak Cetak Hattrick WRC

wrc-turki-2018-695662d54814b76
wrc-turki-2018-67407c1c9aa6bc1
wrc-turki-2018-43104571c341692
wrc-turki-2018-951385843d16d96
SPORTKU.COM

Reli Turki yang berlangsung akhir pekan kemarin, menempatkan pereli Estonia, Ott Tanak sebagai juaranya.

Sebanyak 17 SS yang digelar mulai Jumat (14/9) hingga Minggu (16/9), berlangsung dengan penuh drama di dalamnya. Dari beberapa kejadian yang menghiasi pertarungan di Turki, di antaranya dialami oleh dua pereli, yakni Thierry Neuville dan Sebastien Ogier. Alhasil, Ott Tanak, yang tampil menggunakan mesin lama Toyota Gazoo Racing, berhasil menjalankan strategi tim, dan berbuah kemenangan.

Ott Tanak, tercatat memenangkan tiga SS, yaitu di SS7, SS11 dan SS13. Berkat kemenangan di tiga SS tersebut, ia memiliki tabungan waktu, sehingga menjadikannya mampu menembus podium tertinggi. Secara keseluruhan, Ott Tanak mengemas total waktu tiga jam 59menit 24,5detik. Sedangkan pereli Toyota Gazoo Racing lainnya, Jari-Matti Latvala berada di podium kedua dengan pautan waktu 22,3detik dari Ott Tanak.

Baca juga:
H.A.R PRAYOGA RASAKAN SENSASI TARMAC

Salah satu hal yang turut menjadi keberhasilan Ott Tanak adalah insiden yang dialami oleh pesaing terdekatnya, Thierry Neuville dan Sebastien Ogier. Neuville, yang berpasangan dengan Nicolas Gilsoul, mengalami kerusakan suspensi yang menghantam kap mesin. Hal ini membuatnya kalah tiga menit dari posisi teratas. Menurutnya, ini adalah sebuah konsekuensi yang harus diterima dalam balapan.

Begitupula dengan Juara WRC 5 kali, Sebastien Ogier. Pereli kelahiran Prancis tersebut, juga mengalami kerusakan mobil, sehingga membuatnya kurang tampil maksimal. Berdasarkan informasi dari WRC, masalah yang melanda Sebastien Ogier adalah kerusakan track control arm. Meskipun sudah melakukan usaha sebisa mungkin untuk memperbaiki, namun itu terlalu sulit dan memakan waktu cukup lama.

Usai mengarungi medan yang cukup sulit, Ott Tanak mengklaim kemenangan seraya mengungkapkan bahwa ini adalah reli yang sangat sulit bagi dirinya. Bahkan, dari awal Ott Tanak sudah merasa pesimis lantaran gagal menjadi yang tercepat di SS awal.

"Rally ini sangat sulit. Sejak awal, kami tahu bahwa kami bukan pereli yang tercepat yang mememangkan reli ini, tetapi itu akan menjadi yang paling pintar. Kami adalah yang paling konsisten dan kami berhasil melakukan seluruh persiapan tanpa ada masalah atau harus berhenti di salah satu stage. Tentunya, ini merupakan upaya tim yang hebat dan mereka mampu membangun mobil yang sangat kuat. Kejuaraan sekarang terbuka lebar, jadi mari kita terus berusaha," ujar Ott Tanak dalam keterangan resminya.

Kemenangan di Turki, sekaligus memperpanjang prestasi yang ia torehkan. Setelah menguasai dua reli sebelumnya di Jerman dan Finlandia, Ott Tanak pun berhasil mencetak hattrick di musim ini bersama Toyota Gazoo Racing.

Baca juga:
KARAKTER SIRKUIT LEBIH MENGASAH KEMAMPUAN

 

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Red Bull Content Pool | Editor: Andi Wahyudi | 17 September 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company