image

FIM Bekukan Karier Balap Anthony West

Text : Suhartono | Photo / Video : Phillip Island Circuit | Editor: Andi Wahyudi | 17 September 2018

SPORTKU.COM

Kasus doping dialami oleh Anthony West, mantan pebalap Moto2 asal Australia.

Dalam dunia olahraga, doping merujuk pada penggunaan obat peningkat performa oleh para atlet agar dapat meningkatkan daya tahan dari si atlet tersebut. Akibatnya, doping dilarang oleh banyak organisasi olahraga seluruh dunia.

Termasuk dalam hal ini, penggunaan doping juga dilarang oleh FIM (Federation Internationale de Motocyclisme). FIM melarang keras penggunaan berbagai obat stimulan oleh para pebalap. Baru-baru ini, Anthony West kedapatan tak lolos ujian dari penggunaan doping.

Pengumuman ini dikeluarkan langsung oleh FIM lewat situs resmi mereka tertanggal 14 September 2018 lalu. Maka dari itu, segala aktivitas Anthony West sebagai seorang pebalap dilarang untuk sementara. Hal tersebut sesuai dengan pasal 7.9 tentang FIM Anti-doping Code (CAD).

FIM mengatakan dari laporan badan antidoping dunia (WADA), Anthony West terdeteksi menggunakan obat terlarang yang masuk dalam daftar FIM. Hal itu diketahui dari air seni Anthony West yang dilakukan pengecekan.

Baca Juga
Podium Pertama Glenn Coldenhoff di MXGP Belanda

"Keputusan untuk sementara menangguhkan Mr West adalah wajib setelah diterimanya laporan dari WADA yang menunjukkan temuan analitik merugikan dari zat yang tidak ditentukan menurut Bagian 6 (Stimulan) dari Daftar Terlarang FIM 2018, di air seni sebagai sampel yang dikumpulkan saat dia dites dalam kompetisi FIM Supersport World Championship yang diadakan di Misano, San Marino, pada 8 Juli 2018," tulis FIM.

Akibat dari temuan FIM ini, Anthony West dilarang untuk berpartisipasi dalam kegiatan balap untuk sementara waktu. Belum diketahui berapa lama FIM akan membekukan Anthony West dari dunia balap. Hanya saja, berdasarkan pasal 7.9.3.2 CAD, Anthony West bisa meminta pencabutan penangguhan sementara.

Anthony West sendiri merupakan mantan pebalap Kejuaraan Dunia Moto2 dari tahun 1999-2015. Anthony West juga pernah balapan di ajang Supersport World Championship. Namun kini dirinya menghabiskan banyak kariernya di Asia Road Racing Championship (ARRC) di Kelas Supersport 600cc (SS600).

Baca Juga
Peraturan Baru Sirkuit Sentul Bikin Heboh
Tak Hanya MU, Mourinho Juga 'Kacaukan' Real Madrid

Text : Suhartono | Photo / Video : Phillip Island Circuit | Editor: Andi Wahyudi | 17 September 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company