Mengenal Fitur Engine Cut Off di Mobil Balap

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 19 September 2018

SPORTKU.COM

Sebuah regulasi mengharuskan mobil balap dilengkapi dengan engine cut off. Apa sebenarnya engine cut off itu?

Engine cut off, merupakan salah satu perangkat wajib yang ada di dalam mobil balap. Untuk mengenali engine cut off tersebut, sangat muda karena bentuknya yang menyerupai kunci kontak, dan berwarna merah, biasanya terletak di tengah dashboard mobil. 

Dunia balap merupakan kegiatan yang sangat berbahaya, bukan hanya kecelakaan tabrakan, melainkan juga situasi kebakaran sangat rentan dalam balapan ini. Untuk mengantisipasi hal tersebut, regulasi telah mengaturnya untuk menyediakan sebuah alat pemadam kebakaran di dalam mobil, serta fitur engine cut off.

Engine cut off ini berfungsi untuk mematikan semua arus listrik dalam mobil, sehingga ketika dalam keadaan darurat, pebalap hanya tinggal memutar fitur tersebut untuk mengamankan aliran listrik. Wie Wie Rianto, seorang mekanik yang memang sudah sangat dikenal di kalangan industri balap Tanah Air, memberikan penjelasannya tentang fitur engine cut off.

Baca juga:
MENGAPA MOBIL BALAP SPOORING MANUAL?

"Fungsinya engine cut off itu adalah untuk mencegah kalau misalkan ada kebarakan atau korslet di dalam mobil. Jadi, dengan menggunakan engine cut off itu, untuk memutus aliran listrik di dalam sistem elektronik kendaraan. Ini juga sebagai pencegah kalau misalkan mobil mengalami korsleting kelistrikan, jadi diperuntukan untuk itu, sebagai pemutus arus," jelas Wie Wie Rianto.

Kenapa engine cut off bisa langsung mematikan kelistrikan kendaraan? Berdasarkan penjelasan dari Wie Wie, engine cut off itu ikut membuat jalur aliran listrik baru yang memang diperuntukan untuk fitur tersebut. Jadi, jika dirunutkan, aliran dari accu di arahkan ke engine cut off, baru kemudian balik lagi ke sistem mobil tersebut agar bisa mematikan seluruh sistem kelistrikan mobil.

Lalu, balap apa saja yang mengadopsi sistem engine cut off tersebut? Hampir semua balapan yang ada di Indonesia, seperti touring, sprint rally, reli, speed offroad, drifting, semua menerapkan fitur tersebut sebagai salah satu standar keselamatan pebalap.

Baca juga:
ERWIN MANCHA JUARA TAK TERGANTIKAN


Engine cut off di mobil balapjump-advanov-agung-tarmac-36912a8c059ba98.jpg

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 19 September 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Tips Perawatan Sepeda Sendiri

Tips Perawatan Sepeda Sendiri

DID U KNOW
Data dan Fakta MotoGP Valencia

Data dan Fakta MotoGP Valencia

DID U KNOW
Bersepeda Aman di Musim Hujan

Bersepeda Aman di Musim Hujan

DID U KNOW
Sirkuit Langganan WSBK dan MotoGP

Sirkuit Langganan WSBK dan MotoGP

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company