Mimpi Tim Movistar Dikandaskan Mitchelton-Scott

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 21 September 2018

Ambisi Tim Movistar Kandas

SPORTKU.COM

Tim Movistar memiliki ambisi besar untuk dapat meraih trofi Vuelta a Espana tahun ini.

Sebelum dimulainya Vuelta, tim Movistar sendiri tampaknya bertekad besar untuk membawa trofi Vuelta. Tak tanggung-tanggung tim asal spanyol tersebut, yang nota bene sebagai tuan rumah pun, menurunkan rider terkuatnya, yaitu Nairo Quintana dan Alejandro Valverde.

Harapan tim Movistar pun makin besar setelah tim pesaing terkuatnya, Team Sky, secara mengejutkan memutuskan untuk tidak menurunkan dua rider terkuatnya, yakni juara bertahan Chris Froome dan Gerraint Thomas yang baru saja menjuarai Tour de France. Entah apa alasannya, yang jelas, Froome dan Thomas diputuskan untuk membela timnya, di ajang Tour of Britain.

Dengan demikian, jumlah rider yang harus diwaspadai oleh Movistar pun semakin berkurang. Saat pengumuman resmi skuat tim peserta Vuelta, hanya terdapat nama-nama yang mungkin mengancam Movistar, diantaranya Peter Sagan (Bora-Hansgrohe), Richie Porte, Vincenzo Nibali (Bahrain-Merida) dan Fabio Aru (UAE Tim Emirates), serta nama lainnya.

Di awal balapan, etape 1, Movistar memang terkesan belum 'panas'. Tim ini hanya mampu menempati pebalapnya, Nelson Oliveira di peringkat 4.

Tapi, pada akhir pekan pertama. Performa Movistar mulai meningkat dengan menempatkan rider unggulannya, Alejandro Valverde di peringkat dua di GC atau klasemen umum. Posisi pertama sendiri ditempati oleh Rudy Molard (Groupama – FDJ).

Persaingan terus berlanjut. Pada ujung pekan kedua (etape 14), Movistar mendominasi peringkat 3 besar di GC, dengan menempatkan Valverde di peringkat dua dan Nairo Quintana di posisi ketiga.

Namun di sisi lain, ada hal yang mengejutkan dari tim baru Mitchelton-Scott. Pada akhir pekan kedua Vuelta, rider tim asal Australia, Simon Yates, menempati peringkat pertama.

Baca juga:
RIDER BMX CILIK RAIDEN RAGA TERIMA PENGHARGAAN DARI MENPORA

Baca juga:
INILAH RAHASIA MALADEWA JUARA SAFF CHAMPIONSHIP

Hingga menjelang pekan terakhir, ambisi Movistar masih harus tertahan oleh Simon Yates. Meski telah berupaya keras Valverde ternyata belum berhasil mengambil alih Jersey Merah dari Yates.

Dominasi Movistar di GC sendiri justru makin memudar setelah Quintana, terlempar dari peringkat 3 besar. Rider asal Kolombia itu turun peringkat secara pelahan, tergeser oleh pebalap lainnya.

Yang lebih tragis, alih-alih naik ke peringkat pertama GC, Valverde malah turun peringkat di etape 20, dimana dia harus turun ke peringkat 5. Sedangkan Yates makin kokoh di puncak klasemen, dengan unggul 1menit 46detik atas Enric Mas Nicolau (Quick - Step Floors) sebagai runner up.

Dengan gap 4menit 28detik pada 1 etape tersisa, cukup sulit bagi Movistar untuk mengubah keadaan. Dan benar saja, pada etape penutup, etape 21, Valverde, sebagai pebalap Movistar yang paling memiliki kans untuk juara, tak mampu mengejar Yates, yang akhirnya mengangkat trofi Vuelta untuk pertama kalinya selama karirnya di ajang balap profesional.

“Saya memiliki momen-momen yang hebat selama Vuelta ini. Saya tidak dapat memilih satu di antara dua kemenangan etape saya. Saat terburuk adalah kemarin ketika saya 'ditendang' keluar dari podium. Tapi itu bukan bencana sejak publik terus mendukung saya,” kata Valverde di akhir Vuelta.

Sekali lagi, Movistar pun harus merelakan trofi Vuelta kepada rider asal Inggris, setelah pada tahun lalu, trofi jatuh ke tangan rider Inggris lainnya, Chris Froome.

Simon Yates (tengah) juara umum Vuelta 2018 (Foto: Lavuelta)

vuelta-2018-etape-21-14918c3320d1cd3.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 21 September 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Fadli Menang, Technobike Bangga

Fadli Menang, Technobike Bangga

ROAD BIKE
Regulasi Baru UCI untuk Musim 2019

Regulasi Baru UCI untuk Musim

ROAD BIKE
Bersepeda Bersama Atlet Kebanggaan Indonesia

Bersepeda Bersama Atlet Kebanggaan Indonesia

ROAD BIKE
Tunggangan Sang Juara Dunia

Tunggangan Sang Juara Dunia

ROAD BIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company