image

Seberapa Efektif Draft Rookie Untuk Basket Indonesia?

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 21 September 2018

uploads/news/2018/09/seberapa-penting-kehadiran-draft-43733003ea28065.JPG

Seberapa Penting Kehadiran Draft Rookie?

ibl-29753ef80b3e4d8

Selanjutnya menanggapi tim-tim besar yang mendapat giliran memilih terakhir, pria yang akrab disapa coach Cacing tersebut punya jawaban tersendiri. Ia mengatakan bahwa setiap klub pastinya sudah punya strategi masing-masing meski pada akhirnya rookie yang diambil nanti tidak dimainkan sama sekali.

“Pasti setiap klub punya strategi masing-masing, nggak mungkin mereka asal ambil kan. Dan untuk pemain harus melihat dari sisi positif, meski mereka jarang bermain karena klub itu terpaksa, mereka punya kesempatan berlatih bersama tim besar, pengalaman itu jelas sangat penting kan,” sambungnya.

Senada dengan ucapan Cacing, pelatih BSB Hangtuah, Andika Saputra, menilai kehadiran draft rookie sudah cukup bagus meski masih banyak yang harus diperbaiki ke depannya. 

“Draft rookie ini sudah bagus karena mencoba yang dulu pernah ada dihadirkan kembali. Saya sih mendukung saja kebijakan liga karena pasti IBL melakukan yang terbaik untuk kompetisi, kita harus melihat dulu seperti apa ke depan," ungkap Andika.  

Kemudian ketika disuruh memilih program mana yang lebih baik untuk mengembangkan potensi pemain muda, Andika memberikan pendapatnya. 

“Memang kita boleh lihat IBL draft ini punya banyak potensi mungkin karena di awal saja makanya agak kurang. Saya sih maunya kalau sudah dimulai seperti ini harus konsisten, saya ngga mau ada pemain yang 1,5 tahun muncul tapi ngga bertahan lama dan hilang. Sedangkan kalau ditanya soal pembinaan di klub masing-masing juga sangat bagus karena bisa menyaring sendiri pemain yang sudah ada, kami juga lebih tahu karakter si pemain,” paparnya. 

Draft rookie yang dijalankan IBL di musim ini memang mendapat respon bagus meski masih banyak hal yang harus dibenahi. Tentunya dengan menyaring lebih banyak peserta agar klub bisa memiliki keleluasaan dalam memilih.

Benar seperti yang dikatakan Andika di atas. Jika membicarakan apakah program ini efektif, tentu perlu dilihat seiring berjalannya waktu karena tidak ada sesuatu yang instan. Sekarang kita perlu mendukung karena masa depan basket Indonesia ada di tangan para rookie yang mungkin empat atau lima tahun ke depan menjadi seorang bintang besar.

Baca Juga:
Kandaskan Juara Bertahan, Anthony Ginting Tembus Semifinal Cina Terbuka 2018

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 21 September 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company