Hebat, Lewat Zverev Tim Eropa Pertahankan Piala Laver!

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : Laver Cup | 24 September 2018

Tim Eropa Pertahankan Piala Laver!

SPORTKU.COM

Tim Eropa sukses mempertahankan supremasi Piala Laver lewat kemenangan Alexander Zverev.

Setelah melewati masa genting, Tim Eropa akhirnya merebut kembali trofi Piala laver 2018 setelah Alexander Zverev berjuang mengalahkan Kevin Anderson di Chicago, Senin (24/9).

Zverev merangkum kemenangan dalam tiga set 6-7 (3) 7-5 10-7 dengan tiebreak untuk menyegel kemenangan 13-8 bagi Tim Eropa. Tentu saja kejayaan ini disambut meriah oleh Tim Biru yang larut dalam euforia di lapangan.  

Dua belas bulan lalu, sejak keberhasilan mereka di Laver Cup perdana di Praha, Zverev dan Roger Federer untuk kali kedua dapat menggenggam trofi Laver. Sementara Novak Djokovic, Grigor Dimitrov, David Goffin dan Kyle Edmund sebagai sebut juara.

"Ini adalah pertandingan yang sangat ketat, tidak hanya kali ini tetapi sepanjang akhir pekan. Beberapa poin di sana-sini dan itu bisa saja berbeda," kata Zverev.

“Saya senang mendapatkan kemenangan dan kami mempertahankan gelarnya, itu yang paling penting. "sambung Zverev.

Dengan kemenangan Zverev, tentu saja meringankan tugas Novak Djokovic dan Nick Kyrgios sebagai duel penentu di akhir turnamen. Meski begitu upaya patut diacungi jempol. Sempat tertinggal 7-1, namun mereka membuktikan dapat melampaui Tim Eropa.

Kemenangan ganda dramatis dari John Isner dan Jack Sock, menyimpan dua match point saat mengalahkan Zverev dan Federer, menempatkan Tim Merah unggul untuk pertama kalinya. Namun Federer mampu mengejar ketertinggalan dengan dalam laga epik melawan John Isner.  

Baca juga:
Roger Federer Selamatkan Tim Eropa

Kini harapan besar ada di tangan Alexander Zverev. Seakan menjadi takdir, petenis muda asal Jerman ini mampu mempertahankan piala Laver setelah pertempuran alot melawan Kevin Anderson.  

Zverev melihat beberapa peluang break-point hilang pada awal laga, sementara Anderson mengumpulkan enam peluang tanpa membuat terobosan.

Tiebreaker selalu diperlukan, dan adalah petenis Afrika Selatan yang meraih inisiatif di pembuka set. Ia memimpin 6-2 dan mengubah set point kedua dengan backhand yang jitu.

Set kedua tampak mengikuti pola yang sama sampai Anderson memiliki peluang emas di 0-40, tetapi Zverev mengolah permainannya agar tak terjebak pada taktik Anderson.

Ketika Zverev tiba pada break point, ia masuk dalam permainan dan menaikkan intensitas, melepas kesalahan dengan backhand sebagaimana Anderson akhirnya juga terpuruk.

Anderson jatuh beberapa kali pada momen krusial dan pukulan lob Zverev yang tidak dapat dicerna menorehkan momentum secara meyakinkan.

Pada tiap kesempatan break, rekan sekaligus senior Zverev, Roger Federer tak ragu memberi dorongan dan nasihat. Hal ini tentu saja merupakan petuah berharga yang tak salah untuk dilakoni.


Berbekal nasihat Federer, Zverev tidak mau membuat kesalahan. 'Mantra Federer' seakan jitu, Zverev akhirnya menghentikan langkah Anderson. Ia menjatuhkan tubuhnya ke lantai tanda pertarungannya usai. Sontak Kapten Tim Eropa Bjorn Borg dan seluruh rekan ikut menjatuhkan diri memeluknya.

"Ini minggu yang luar biasa," kata Kapten Tim Eropa Bjorn Borg.

“Ini sebenarnya adalah minggu favorit saya tahun ini. Saya sangat bangga dengan tim saya. Kami tahu akan sangat sulit mengalahkan Tim Dunia dengan John McEnroe sebagai kapten. Dia memiliki tim yang hebat, mereka sangat profesional. ”

Sedangkan Kapten Tim Dunia John McEnroe berkata, “Saya hanya ingin memberi selamat kepada Tim Eropa. Itu adalah upaya yang luar biasa, pertandingan yang hebat dan luar biasa menyenangkan,"

“Saya sangat bangga dengan Tim Dunia. Mereka memiliki persahabatan yang hebat dan kami bertekad akan menang di tahun depan! "tutup McEnroe.


Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : Laver Cup | 24 September 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Roger Federer Selamatkan Tim Eropa

Roger Federer Selamatkan Tim Eropa

TENNIS
Djokovic Tersungkur, Eropa Tetap Unggul

Djokovic Tersungkur, Eropa Tetap Unggul

TENNIS
 Michael Jordan, Inspirasi Kemenangan Federer

Michael Jordan, Inspirasi Kemenangan Federer

TENNIS
Duo Federer-Djokovic Keok di Chicago

Duo Federer-Djokovic Keok di Chicago

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company