image Kate  Courtney (Foto: Red Bull) Kate  Courtney (Foto: Michal Cerveny/Specialized) Kate  Courtney (Foto: Paris Gore/Red Bull)

Kate Courtney: Juara Dunia MTB XCO Putri 2018

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Red Bull,Velonews, Velonews | 24 September 2018

uploads/news/2018/09/debutan-baru-yang-mengejutkan-56464536e9aca96.jpg

Debutan Baru yang Mengejutkan

kate-courtney-juara-dunia-602558d18b7817f
kate-courtney-juara-dunia-756116a25567ff5
kate-courtney-juara-dunia-213296ac204d030
SPORTKU.COM

Kejuaraan Dunia MTB cross country olympic tahun ini di Lenzerheide, Swiss, menyuguhkan sebuah kejutan besar, khususnya di nomor elite putri.

Di tengah banyaknya rider top dunia dan berpengalaman, nomor elite putri justru dimenangkan oleh rider muda, yang pada musim ini baru menginjakkan “kakinya” di level elite dunia.

Kate Courtney, rider asal AS, mungkin bukan termasuk rider unggulan di event bergengsi Kejuaraan Dunia XCO tahun ini. Tapi, dia mampu mengubah hasil dan keluar sebagai juara, sekaligus berhak atas jersey pelangi – jersey juara dunia yang menjadi kebanggan setiap rider di dunia – pada musim depan (2019).

Pada laga final di awal September lalu, Kate Courtney secara mengejutkan, mampu mengalahkan juara bertahan Annika Langvad serta rider unggulan lainnya. Gelar yang diraih Courtney pun menjadi “obat” penenang bagi AS, setelah selama 17 tahun lamanya puasa gelar dari ajang bergengsi tersebut.

Baca juga:
QUICK-STEP FLOORS JUARA DUNIA TEAM TIME TRIAL PUTRA

Baca juga:
200 PESERTA DARI 7 NEGARA BAKAL BERSAING DI RHINO CROSS TRIATHLON 2018

Lahir pada tahun 1995, Courtney tumbuh bersama-sama dengan ayahnya di surganya bersepeda gunung, Marin County. Sebelum mencapai usia 14 tahun, dia mulai tertarik dan memandang bersepeda gunung sebagai aktivitas yang kompetitif. Dia pun mulai mengikuti balapan pada tahun 2009 dan memenangkan Kejuaraan Nasional XC Junior pada tahun berikutnya.

Pada tahun 2012, Kate menjadi atlet putri Junior AS pertama yang memenangkan seri Piala Dunia UCI XC. Momentum Courtney bergerak semakin cepat pada tahun 2013, dimana dia mulai memasuki bangku kuliah di Stanford dan menandatangani kontrak pertamanya sebagai rider profesional.

Pada tahun yang sama, Kate juga mengklaim kemenangan di Kejuaraan Pan-Amerika, XC AS, Short Track National dan Piala Dunia UCI di Mont Sainte Anne. Ia pun menyapu gelar juara XC dan jalur-pendek di Collegiate Mountain Biking National Championships.

Courtney menempati posisi ke delapan di klasemen umum dalam seri Piala Dunia UCI tahun 2014, yang menjadi musim pertamanya pada kompetisi U23. Kemudian, pada tahun 2015, ia melejit ke urutan keempat dan selanjutnya naik ke posisi kedua pada tahun 2016.

Di tahun yang sama, Kate juga memenangkan Kejuaraan Pan-Am keduanya, meraih lebih banyak gelar juara di AS dan Collegiate, serta meraih kemenangan di ajang Piala Dunia U23 pertamanya yang berlangsung di Cairns, Australia.

Setelah memenangkan gelar juara nasional Amerika U23, Kate mengklaim kemenangan pada tiga dari lima seri Piala Dunia UCI XCO U23 dan mengklaim medali perak di Kejuaraan Dunia tahun 2017.

Tahun ini, Courtney melangkah ke level Elite di event Piala Dunia musim 2018 dan berhasil meraih kemenangan penting diantaranya perlombaan marathon Cape Epic yang terkenal di Afrika Selatan, bersama rekan satu timnya, Annika Langvad serta menjadi Juara Dunia XCO musim ini.

Target besarnya Kate sendiri adalah mendapatkan medali di ajang Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

Kate Courtney (Foto: Michal Cerveny/Specialized)
kate-courtney-juara-dunia-756116a25567ff5.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Red Bull,Velonews, Velonews | 24 September 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company