image

BOPI Minta Kompetisi Sepak Bola Indonesia Dihentikan Sementara

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 24 September 2018

uploads/news/2018/09/bopi-minta-liga-1-91390d106c62f6b.JPG

BOPI Minta Liga 1 Dihentikan

press-kon-terkait-meninggalnya-880482a5e6dbcec
SPORTKU.COM

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) memberikan sikap keras atas meninggalnya salah satu suporter Persija Jakarta sebelum melawan Persib Bandung.

Seperti diketahui, salah satu suporter Persija, Haringga Sirla meninggal dunia usai dikeroyok oknum suporter Persib Bandung jelang pertandingan di pekan ke-23 Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/9). Pengeroyokan tersebut terjadi beberapa jam sebelum laga yang mengakibatkan Haringga meninggal.

Dan menindak tegas hal itu, BOPI langsung mengeluarkan peringatan usai menggelar rapat dengan PSSI, Perwakilan Liga, serta Deputi IV Kemenpora pada Senin (24/9). Disampaikan oleh Ketua BOPI, Richard Sam Bera yang prihatin dengan aksi keji oknum suporter Persib.

“Kita sangat prihatin dengan situasi yang terjadi kemarin, sepak bola kembali menimbulkan korban tewas, dan sekarang BOPI sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak. Kami sudah mengadakan rapat dengan PSSI, perwakilan liga, Kemenpora, dan Persija, maka kami membuat enam poin," jelas Richard di kantor Kemenpora, Senin (24/9). 

Di poin pertama, BOPI dengan tegas mengutuk kejadian yang terjadi di Stadion GBLA dan Richard berharap hal ini tidak terjadi lagi di Indonesia. 

Richard Sam Bera saat memberi keterangan di kantor Kemenpora

press-kon-terkait-meninggalnya-880482a5e6dbcec.JPG

“Di poin kedua, kami meminta kepada PSSI dan PT LIB bersikap sangat serius dalam menangani kasus ini karena sejumlah kasus sudah terjadi tapi tidak diikuti dengan langkah yang konkrit. PSSI dan PT LIB harus menyelesaikan masalah ini selama satu pekan, jika tidak maka tidak bisa menggelar kompetisi liga profesional sampai masalah selesai,” lanjut Richard. 

Lebih lanjut, mantan perenang andalan Indonesia tersebut berharap ada sanksi tegas yang memberikan efek jera di masa depan.

“Mulai besok kami himbau kompetisi dihentikan selama satu pekan. PSSI dan PT LIB harus bisa memberikan keputusan dalam waktu tersebut," ujar Richard.

Masuk ke poin ketiga, BOPI meminta kepada setiap klub profesional harus bisa menertibkan para suporternya. Poin keempat, seluruh suporter diharapkan menghentikan segala permusuhan dan membangun kompetisi yang lebih baik. 

Selanjutnya, Richard juga meminta untuk tidak lagi menyebar segala video dan foto-foto terkait kejadian agar tidak memperkeruh suasana. Dan poin terakhir, mengajak elemen olahraga profesional untuk meningkatkan kedewasaan agar olahraga bisa berjalan dengan tata kelola yang profesional pula.

Baca Juga:
Jadi Pahlawan Persib, Malisic Terharu

Baca Juga:
Satu Jakmania Meninggal Dunia, Gede Widiade Kecewa Dengan Persib

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 24 September 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company