image

5 Sirkuit MotoGP Buatan Hermann Tilke

Text : Suhartono | Photo / Video : Revista Car | Editor: Andi Wahyudi | 25 September 2018

4. Sirkuit Cota (Circuit of The Americas), Amerika

Sirkuit Cota memiliki panjang 5.515meter dengan menempati lahan di Austin, Texas, di pinggiran tenggara batas Kota Austin, di Central Texas. Selain untuk gelaran MotoGP, Sirkuit Cota juga merupakan yang pertama di Amerika Serikat yang dibangun khusus untuk balap F1.

Tata letak Sirkuit Cota dibangun oleh Tavo Hellmund dan juga Kevin Schwantz, juara dunia sepeda motor tahun 1993. Selain kedua orang tersebut, arsitek asal Jerman, Hermann Tilke juga menjadi sosok penting dalam lahirnya Sirkuit Cota.

Pembangunan Sirkuit Cota sendiri dimulai pada tahun 2010. Tepatnya pada 27 Juli 2010 silam. Pembangunan sirkuit pun dimulai dari sebuah gambar. Desain homologasi sirkuit disampaikan kepada FIA di Jenewa, Swiss. FIA baru menyetujui desain sirkuit pada 17 Desember 2010. HKS, Inc. dan Tilke Engineers & Architects mendesain lintasan dan Austin Commercial, anak perusahaan dari Austin Industries yang merupakan kontraktor umum.

Konstruksi dimulai pada tanggal 31 Desember 2010 dengan target selesai pada Juni 2012. Namun kontraktor menargetkan menjelaskan jika pembangunan sirkuit baru akan selesai dibangun pada Agustus 2011.

Pada 21 Januari 2011, cek senilai USD900 ribu diposkan oleh investor yang menjamin pembangunan sirkuit bisa segera dilakukan. Uang itu akan digunakan untuk pembebasan tanah jika Badan Manajemen Darurat Federal AS (FEMA) menolak untuk memberikan ijin proyek tersebut. Akhirnya FEMA mengeluarkan surat pada 28 Juni 2011, menyatakan proyek memenuhi kriteria.

Pembangunan Sirkuit Cota juga membuat lingkungan di sekitarnya mengalami perubahan. Pada Januari 2012, diumumkan bahwa Elroy Road -salah satu dari dua jalan utama ke sirkuit- juga akan dilakukan renovasi untuk mencegah kemacetan lalu lintas menuju trek.

Pada 13 Juni 2012, Charlie Whiting -Race Director yang ditunjuk FIA untuk F1- menyatakan dirinya puas dengan konstruksi sirkuit. Dirinya langsung menjadwalkan pemeriksaan sirkuit pada 25 September, 60 hari sebelum balapan pertama berlangsung.

Lapisan aspal pertama Sirkuit Cota selesai pada 3 Agustus 2012. Lapisan aspal terakhir diletakkan pada tanggal 14 Agustus dan selesai pada 21 September. Lintasan ini secara resmi dibuka pada 21 Oktober. Sementara itu, MotoGP pertama kali hadir di Sirkuit Cota yang memiliki panjang 5,515 kilometer pada tahun 2013.

Baca Juga
5 Pebalap Mobil Indonesia Terjun Politik

Text : Suhartono | Photo / Video : Revista Car | Editor: Andi Wahyudi | 25 September 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company