Strategi Iannone Finish Podium 3 di MotoGP Aragon

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 25 September 2018

SPORTKU.COM

Andrea Iannone meraih podium ketiganya di MotoGP Aragon, Spanyol pada Minggu (29/9) lalu.

Berhasil finish di podium tiga, Iannone mengatakan hasil itu merupakan kesuksesan atas strateginya dalam mengatur manajemen ban. Penampilan apik Iannone di Aragon sekaligus menjadi kali ketiga baginya mempersembahkan podium juara untuk Suzuki. Sebelumnya, Iannone juga finish di posisi 3 saat tampil di Amerika dan Jerez.

Iannone menyelesaikan balapan selama 23 lap di tempat ketiga di belakang Marc Marquez (Repsol Honda) yang finish terdepan dan Andrea Dovizioso (Ducati) di posisi kedua. Sedangkan rekan setimnya, Alex Rins, menutup hari yang hebat untuk Suzuki saat ia masuk ke posisi keempat.

Saat balapan, Iannone mengatakan memilih menggunakan ban belakang soft. Dengan ban tersebut meski bekas, namun Iannone mengaku bisa melakukan balapan dengan baik. Bahkan mantan pebalap Ducati asal Italia ini sesekali merangsek ke depan untuk menggoyang dominasi Marquez dan Dovizioso.

"Ini adalah balapan yang sangat hebat bagi kami dan dalam banyak kasus, pertarungan nyata karena pertama-tama, saya sering bermasalah dengan ban saya, terutama dengan ban belakang karena sangat penting untuk mengatur semua balapan," ungkap Iannone.

Baca Juga
5 Sirkuit MotoGP Buatan Hermann Tilke

“Selama latihan kami bekerja dalam arah yang baik dengan ban bekas dan dalam lomba saya mencoba untuk tidak mendorong banyak, dan saya pikir ini adalah strategi yang sangat bagus. Sejak awal, Marc dan Dovi memiliki kecepatan yang sangat baik, tetapi untungnya tetap sangat dekat, saya tidak perlu menekan 100 persen. Ketika Alex (Rins) menyusul saya dan mendorong, saya kehilangan sedikit waktu ke Dovi dan Marc, tapi saya tetap tenang dan saya mencoba mengelola situasi ban untuk semua balapan," jelas Iannone.

Iannone dengan cepat sempat pindah ke posisi kedua ketika Dovizioso membuat jalan Marquez melebar pada tikungan terakhir sebelum trek lurus. Meskipun Marquez kembali ambil alih posisi Iannone yang terus menggeber Suzuki GSX-RR. Dikatakan Iannone ini adalah satu-satunya poin negatif dari balapan.

“Pada akhirnya, lima atau enam lap terakhir saya mulai memulihkan celah sedikit. Honda dan Ducati lebih cepat daripada kami di garis lurus dan saya pikir ini adalah titik negatif untuk balapan hari ini, tapi itu balapan yang bagus," ujarnya.

“Kami bekerja banyak di set-up dan ban soft di akhir pekan ini bagi kami sedikit lebih baik. Dengan ban keras, kami kehilangan sesuatu dan memiliki lebih banyak putaran, tetapi kami meningkatkan akselerasi dengan ban soft dan kami fokus pada titik ini pada ban bekas untuk membuat jarak, jadi itu benar-benar bagus," tutup Iannone.

Baca Juga
Kecelakaan di MotoGP Aragon, Lorenzo Tuding Marquez Biang Kerok
Fakhri Husaini Puas Raih Satu Poin Melawan Vietnam

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 25 September 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Drag Bike Hari Jadi Tangsel

Drag Bike Hari Jadi Tangsel

DRAG BIKE
Dovizioso-Lorenzo Akui Kehebatan Marquez

Dovizioso-Lorenzo Akui Kehebatan Marquez

MOTOGP
FIM Asia Supermoto Pindah ke Subang

FIM Asia Supermoto Pindah ke

SUPERMOTO
Klasemen Sementara MotoGP 2018

Klasemen Sementara MotoGP 2018

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company