image

Komunitas Sebagai Penyokong Industri Balap Tanah Air

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : SPORTKU | Editor: Andi Wahyudi | 25 September 2018

SPORTKU.COM

Komunitas otomotif memiliki peran penting dalam kelangsungan industri balap Tanah Air. Seperti apa peran mereka dalam ajang balap Tanah Air?

Jika biasanya komunitas hanya dikenal dengan ajang kopi darat dan touring sesama anggota, sejatinya tidak hanya dua kegiatan tersebut yang kini dilakukan oleh komunitas otomotif. Sebagai salah satu wadah kreatif dan positif, komunitas kini mulai merambah dunia balap Indonesia. Salah satunya melalui ajang balap Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM).

Sebut saja tiga komunitas berikut yang mulai merambah dunia balap sebagai salah satu agenda barunya. Tangerang Retrocar, Indonesian Peugeot 306 Community, serta BMW Car Club Indonesia, tiga dari sekian banyak komunitas ini, merupakan komunitas yang selalu rajin mensupport sesama rekan komunitas untuk berkiprah di ajang balap resmi.

Perwakilan dari Tangerang Retrocar, Erbe, sebagai founder mengatakan bangga dengan apa yang telah dilakukan oleh Tjandra (pebalap Indonesia Retro Race), sebagai pebalap ISSOM yang turun dengan membawa identitas komunitas retro di livery mobilnya.

"Sejatinya tidak ada paksaan apakah dia harus turun di balap atau tidak. Tapi memang itu kita kembalikan lagi ke pebalapnya, apakah mau bawa nama komunitas atau tidak. Kalau bawa nama komunitas, kita persilakan, dan kita memang tidak bisa bantu dari sisi finansial. Salah satu supportnya adalah dengan selalu datang ketika dia sedang balapan. Karena kita bukan orientasi profit, sehingga yang terpenting adalah kita sebagai Tangerang Retrocar dapat menghargai apa yang sudah dijalani oleh Tjandra untuk membawa nama komunitas ke dalam balapan," ujar pria yang akrab disapa babeh ini.

Baca juga:
ARI AUMOS GEBER DUA BALAPAN

Senada dengan Tangerang Retrocar, Indonesia Peugeot 306 Community pun juga demikian. Namun, perbedaannya adalah, komunitas mobil asal Perancis ini selalu membawa nuansa balap dalam kegiatan apapun yang dilakukan 306 Community.

"Berawal dari passion yang sama di otomotif, khusunya mobil Peugeot 306 dan balapan, membuat sebuah kesamaan antara 306 Community dan GRT untuk bersinergi dalam membesarkan nama GRT maupun 306 Community. Penempelan 306 Community ini juga ikut melekat di mobil balap, race suite, seragam pit crew. Sebaliknya, 306 Community selalu membawa nama GRT sebagai tim balapnya di setiap event dan sosial medianya," beber Mahendra Setiaji, Ketua Umum 306 Community.

Selain itu, ditambahkan oleh Chandra Atje, Ketua Forum Komunikasi Peoguet Indonesia, turut mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Hatar dengan tim balapnya BJB Pertamax Turbo GRT. Menurutnya, ini juga sebagai salah satu cara untuk mengharumkan nama komunitas otomotif.

"Saya & club/komunitas Peugeot di bawah FKPI pun mendukung sepenuhnya para pebalap yang turun menggunakan mobil Peugeot dan sangat mengapresiasi atas semua pencapaian yang telah diraih. Karena mereka sudah membawa nama club/komunitas menjadi harum dan positif," tambah Atje.

Baca juga:
DUEL ALINKA HARDIANTI-AVILA BAHAR

Begitupula dengan komunitas besar BMW Car Club Indonesia (BMWCCI). Untuk memberikan wadah yang sangat positif, mereka melalui divisi racingnya, tahun ini turut menggelar ajang balap satu merk.

Asido Regazzoni, Presiden BMWCCI, mengatakan, "Chapter dan Register yang mengirimkan perwakilannya sudah tentu jadi kebanggaan tersediri karena keterwakilannya di balap ini".

"Chapter dan Register di tiap seri tidak hanya mendukung langsung dengan menghadiri tiap seri balap di sirkuit Sentul, namun jauh sebelum itu sudah mempublikasikan BMWCCI OMR ini melalui sosial media yang dimiliki masing-masing chapter dan register. Kegiatan ini disambut baik oleh chapter/register karena sebagai program pembibitan pebalap-pebalap baru sebelum naik kelas ke balap profesional," ujar Asido.

Selain turut menyokong industri balap Tanah Air, keterlibatan peran komunitas di ajang balap resmi ini semakin memberikan contoh, bahwa untuk bisa kebut-kebutan, harus pada tempatnya. Karena, belakangan ini banyak komunitas yang bersifat arogan saat menggunakan jalan yang notabene merupakan milik bersama. Ditambah lagi ini merupakan sebuah kegiatan positif, dan memang sudah sepatutnya, komunitas turut berperan untuk membangun imej yang lebih positif lagi.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : SPORTKU | Editor: Andi Wahyudi | 25 September 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Aldio Oekon Juara Nasional ETCC

Aldio Oekon Juara Nasional ETCC

ETCC
Prestasi Pangarang Slalom Team 2018

Prestasi Pangarang Slalom Team 2018

GYMKHANA
Bungkam Stigma Negatif Lewat Prestasi

Bungkam Stigma Negatif Lewat Prestasi

GYMKHANA
Bottas Jawab Rumor Orang Ketiga

Bottas Jawab Rumor Orang Ketiga

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company