Lagi, Rossi Tuntut Yamaha

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 26 September 2018

SPORTKU.COM

Tak bisa dipungkiri lagi jika Yamaha kini memang kalah cepat dari Honda dan Ducati.

MotoGP 2018 menjadi momen terburuk bagi para pebalap Yamaha. Tim pabrik asal Jepang ini sudah 23 kali menelan kekalahan sejak kemenangan terakhirnya di MotoGP Belanda di Sirkuit Assen pada 2017 lalu bersama Rossi. Rekor buruk Yamaha juga termasuk pula raihan jelek bagi Valentino Rossi.

Penampilan Rossi di MotoGP Aragon akhir pekan kemarin, Minggu (23/9) juga belum bisa membawa Rossi keluar dari zona merah. Memulai balapan dari grid 17, Rossi hanya bisa finish di posisi 8. Meski begitu, catatan waktu yang ditorehkan Rossi di Aragon musim ini mendapat banyak sorotan.

Mengkhawatirkan, Rossi menyelesaikan balapan sepanjang 23 lap hanya lebih cepat 1detik jika dibandingkan dengan catatan waktu pada musim lalu. Tetapi Marc Marquez (Honda) yang menagi balapan bisa lebih cepat 10detik dari tahun lalu. Andrea Dovizioso yang finish ke-2 hampir 12detik lebih cepat dan Andrea Iannone berhasil membuat Suzuki 30detik lebih cepat dari catatan waktu musim lalu.

"Ini situasi yang sangat sulit, karena sudah satu tahun kami berada dalam situasi teknis ini. Dan juga lawan kami terutama Honda dan Ducati, tetapi hari ini juga Suzuki melakukan langkah besar. Saya sedikit lebih cepat dari tahun lalu di balapan, karena tahun lalu saya cedera dan tahun ini saya dalam kondisi yang baik," ungkap Rossi.

"Masalahnya adalah bahwa tahun lalu saya selesai di posisi lima dan tahun ini saya selesai kedelapan, tetapi Marquez dan Dovizioso sepuluh detik lebih cepat. Mereka membuat langkah besar. Jadi dalam situasi ini, karena kami adalah tim unggulan, sulit menemukan motivasi untuk bertarung di 10 besar."

Baca Juga
Jakarta Custom Culture 2018 Sisipkan Konten Lifestyle dan Fashion

Apa yang dialami oleh Yamaha memang membuat Rossi semakin frustasi. Sejak lama pebalap asal Italia ini menuntut Yamaha untuk membuat langkah besar terkait dengan masalah mesin dan juga elektronik pada Yamaha M1. Rossi juga mendorong Yamaha untuk memaksimalkan kinerja ban belakang yang selama ini juga menjadi biang kerok penampilan buruknya.

"Masalahnya bukan bannya, karena bannya sama untuk semua pebalap. Honda dan Ducati mampu melaju 10detik lebih cepat dari tahun lalu dengan ban yang sama. Tapi masalah kami adalah ban, karena untuk beberapa alasan kami tidak dapat membuat ban belakang bekerja dengan cara yang tepat. Jadi motor kami tidak memiliki grip maksimal di ban belakang, dan kami terlalu banyak tekanan pada ban dan pada saat yang sama kita lambat," jelas Rossi.

"Jadi, kita lambat dan kita menekan ban. Ini masalahnya, tapi itu hanya masalah bagi Yamaha, karena bannya sama untuk semua pebalap. Sepertinya tim pabrik lain bekerja lebih baik dengan cara ini," sambung Rossi.

Dalam situasi sulit seperti ini, Rossi menjelaskan bahwa langkah satu-satunya yang bisa dilakukan oleh Yamaha adalah melakukan perbaikan di bagian elektronik dan mesin. Sejauh ini meski sudah dilakukan oleh Yamaha, namun Rossi belum melihat kemajuan yang signifikan.

"Saya mencoba dalam sesi uji coba edisi pertama untuk mesin 2019, tapi saya pikir dan saya berharap itu bukan mesin terakhir. Ini hanya modifikasi kecil, karena sangat mirip. Saya berharap mereka terus bekerja, karena bagi saya mesin adalah masalah bagi kami, mereka harus membuatnya lebih baik," tambah Rossi.

Baca Juga
Pimpin Klasemen, Marquez Tak Mau Jumawa
Dipermalukan Derby County, Pemain MU Jadi Sasaran Kritik Mourinho

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 26 September 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Galeri DragBike Moge 402Meter

Galeri DragBike Moge 402Meter

DRAG BIKE
Penyesalan Dalam Karier Balap Rossi

Penyesalan Dalam Karier Balap Rossi

MOTOGP
Pebalap Indonesia Tembus Podium Teratas

Pebalap Indonesia Tembus Podium Teratas

ROAD RACE
Pirelli Berjaya di Kejurnas Motoprix

Pirelli Berjaya di Kejurnas Motoprix

ROAD RACE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company