image

Pebalap yang Bersinar Jebolan Team Jagonya Ayam

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : SPORTKU | Editor: Andi Wahyudi | 28 September 2018

SPORTKU.COM

Beberapa pebalap yang pernah bernaung di bawah Team Jagonya Ayam, kini meraih kesuksesan di ajang internasional. Siapa saja mereka?

Team Jagonya Ayam, yang didukung oleh KFC Indonesia, memang kerap merekrut pebalap muda dari luar negeri. Dalam hal ini, biasanya mereka akan ditandemkan oleh pebalap muda Indonesia, Sean Gelael, yang kini tengah berkiprah di ajang Formula 2 Championship. Setidaknya, ada beberapa nama yang kini terbilang sukses meniti karir bersama Team Jagonya Ayam. Bahkan, dua di antaranya telah mengenyam kursi Formula 1.

1. Tom Blomqvist
Pebalap kelahiran 30 November 1993 tersebut tidak bisa dipisahkan begitu saja dari nama Team Jagonya Ayam. Pasalnya, di musim terakhir FIA Formula 3, Blomqvist, meraih kesuksesan bersama Team Jagonya Ayam. Saat itu, Blomqvist, berhasil menutup seri dengan hasil yang memuaskan meraih posisi kedua di klasemen akhir. Kini, perjalanan karir Blomqvist selepas hijrah dari Team Jagonya Ayam, terus menanjak.

Pebalap yang merupakan putera dari Stig Blomqvist, juga pernah tercatat sebagai pebalap Formula E untuk musim 2017-2018. Saat itu, ia bernaung di bawah tim MS&AD Andretti. Namun sayang, karirnya di ajang balap tersebut tidak begitu impresif. Ia menuntaskan balapan di posisi 20 klasemen akhir. Kini, Blomqvist, tengah menapaki perjalanannya dalam balapan FIA World Endurance Championship - LMGTE Pro bersama BMW Team MTEK.

Bahkan, Sean Gelael, Tom Blomqvist dan Antonio Giovinazzi, pernah bersama-sama berada di podium kedua saat gelaran FIA World Endurance Championship 2016. Ketika itu, balapan yang berlangsung di China, berhasil ia tutup dengan hasil yang sangat manis.

2. Antonio Giovinazzi
Nama Antonio Giovinazzi saat ini tengah menjadi perbincangan publik. Pasalnya, pebalap kelahiran Italia 24 tahun silam tersebut, sudah berhasil menjadi pebalap Formula 1 untuk tim Alfa Romeo Sauber F1. Keberhasilan tersebut memang bukan dicapai dengan cara yang mudah, melainkan cukup pelik. Meski demikian, Anto, berhasil menggapai mimpinya untuk menjadi pebalap Formula 1.

Jika dirunut ke belakang, Anto sempat menjadi pebalap yang didukung oleh Team Jagonya Ayam saat beraksi dalam persaingan Formula 2. Saat itu, balapan masih bernama GP2. Hasilnya, ia berada di posisi runner up di akhir musim, sementara juaranya diraih oleh Pierre Gasly, pebalap yang akan mengisi celah kursi Daniel Ricciardo di Red Bull Racing 2019.

3. Mitch Evans
Di tahun yang sama, 2016, pebalap yang didukung oleh Team Jagonya Ayam mulai banyak mencuri perhatian. Selain Antonio Giovinazzi, pebalap lainnya yang kala itu didukung adalah Mitch Evans. Bedanya, Antonio Giovinazzi bernaung di bawah Prema Racing, untuk Mitch Evans, berada di bawah tim Pertamina Campos Racing. Keberadaan Mitch di tim tersebut juga sekaligus menjadi rekan tandem dari Sean Gelael.

Selepas karirnya di ajang GP2, Mitch Evans langsung meneruskan perjalanan balapnya menuju pentas yang lebih tinggi. Meski tidak masuk dalam jajaran pebalap Formula 1 seperti Antonio Giovinazzi, namun Mitch Evans melakukan karirnya bersama Formula E lewat Panasonic Jaguar Racing selama dua musim 2016-2017 dan 2017-2018.

4. Norman Nato
Tidak cukup dengan tiga pebalap, kelanjutan sepak terjang Team Jagonya Ayam di ajang balap dunia terus berlangsung. Di 2017, ekspansi yang digencarkan oleh Team Jagonya Ayam semakin lebar dengan melebur bersama Tim Arden International. Di tim tersebut, tim yang didukung oleh franchise restoran cepat saji tersebut merekrut Norman Nato, pebalap yang juga memiliki kapabilitas baik.

Saat tampil bersama Pertamina Arden, Nato, membuktikan progresnya dengan meraih posisi kesembilan di akhir musim. Melanjutkan perjalanan balapnya, tahun ini, pebalap berkebangsaan Perancis ini terjun ke ajang balap European Le Mans Seris bersama tim Racing Engineering dan juga eksis di 24 Hours of Le Mans - LMP2 bersama SMP Racing.

Selain mencetak beberapa pebalap yang berprestasi dan berhasil menuju pentas dunia di ajang Formula 1 dan selevelnya. Di tahun ini, Team Jagonya Ayam tidak berhenti sampai di situ, melainkan mereka juga terus mendukung pebalap lainnya yang masih berjuang di Kejuaraan Formula 2. Di kejuaraan tersebut, dua pebalap yang didukung antara lain adalah Sean Gelael dan Nyck de Vries.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : SPORTKU | Editor: Andi Wahyudi | 28 September 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company