image Sisa puing arena bermain anak yang rusak akibat gempa Anak-anak terpaksa sekolah di tenda sementara Pembangunan pasca gempa di Lombok Utara mulai berjalan Lombok Utara menjadi salah satu kawasan paling buruk terkena dampak gempa Dua bocah tengah mengamati bangunan yang sudah hancur karena gempa FDR Peduli Lombok juga mengajak para bikers Keceriaan anak-anak saat kedatangan FDR di lokasi gempa

FDR Peduli Lombok Sumbang Tiok Gangga

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 29 September 2018

uploads/news/2018/09/fdr-peduli-lombok-5808769c0eab0e3.JPG

FDR Peduli Lombok

fdr-peduli-lombok-84688b2361b25ec
fdr-peduli-lombok-67151be4fec0560
fdr-peduli-lombok-2001706f114e755
fdr-peduli-lombok-59499a0d679d3e4
fdr-peduli-lombok-14714b7b64d3a1f
fdr-peduli-lombok-74287794a0e8368
fdr-peduli-lombok-3665240359c4fe5
SPORTKU.COM

Gempa yang mengguncang Lombok Utara pada 29 Juli 2018 lalu kini masih meinggalkan duka mendalam bagi para korban.

Lombok, salah satu kawasan wisata di Indonesia bagian timur yang namanya sudah mendunia kini masih berduka. Hingga gempa susulan pun masih terus terjadi di Lombok. Musibah gempa ini mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, kerusakan infrastruktur dan puluhan ribu warga terpaksa mengungsi.

Kerusakan yang cukup parah terjadi di Kabupaten Lombok Utara. Kini bantuan untuk para korban pasca gempa pun mulai menyusut. Terlebih lagi setelah pemerintah mencabut status tanggap darurat. Meski status tanggap darurat telah berakhir, namun masyarakat Lombok masih membutuhkan bantuan dan uluran tangan.

Masih jelas terlihat puing-puing berserakan. Sebagian besar rumah warga pun rata dengan tanah, juga sekolah-sekolah maupun fasilitas umum lainnya seperti rumah sakit dan sebagainya. Akibatnya, wabah penyakit seperti diare dan ISPA masih menghantui yang kapan saja bisa menjangkiti mereka.

Menyikapi hal ini, FDR bekerja sama dengan KUN Humanity System melakukan kegiatan bakti sosial (baksos). Dengan tajuk FDR Peduli Lombok, bantuan yang diberikan oleh produsen ban lokal karya anak bangsa ini disambut hangat oleh masyarakat. Bantuan yang diberikan lewat FDR Peduli Lombok berupa sembako maupun perlengkapan alat tulis.

“Kegiatan FDR Peduli Lombok ini tidak hanya berupa pemberian bantuan beras, obat-obatan serta perlengkapan sekolah seperti buku tulis dan alat tulis, tapi juga membangun ruang ramah anak yang diberi nama Tiok Gangga FDR,” ungkap Chamilus Ali Santo, Direktur Marketing PT Surayaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR dan Federal.

Baca Juga
FDR Brotherhood Bangun Persaudaraan Antar Bikers

Dari hasil klinik medis posko satelit yang dilakukan oleh KUN Humanity System dan AMP FK Universitas Padjadjaran, jumlah anak-anak yang terjangkit ISPA dan alami luka-luka semakin meningkat. Hal ini terjadi karena tidak ada area bermain dan belajar, sementara para orang tua sibuk memperbaiki rumah. Untuk itulah dibangun Tiok Gangga FDR, yaitu bangunan pendopo yang bisa digunakan untuk anak-anak bermain dan belajar, pelaksanaan kegiatan posyandu dan lain-lain.

“Nama Tiok Gangga diambil dari bahasa lokal Lombok yang berarti tumbuh mengalir. Konsepnya untuk menyediakan area yang aman sekaligus mempersiapkan pemuda-pemuda lokal untuk menjadi kader dengan dilakukannya pelatihan pendidikan anak usia dini dan pengenalan gejala trauma dan cara mendeteksi dan memberikan pertolongan pertama terhadap trauma anak,” sambung dr. Chandra Sembiring Meliala, CEO & Founder KUN Humanity System.

Tanah yang digunakan untuk membangun Tiok Gangga berupa bangunan semipermanen pun merupakan sumbangan salah satu warga Dusun Senara. "Lahan ini saya donasikan untuk membangun Tiok Gangga, tanah seluah 10 x 10 meter," ungkap Samudji yang juga berkerja di LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan) di resort Santong, Lombok Utara.

Sementara itu, bantuan yang diberikan dalam program FDR Peduli Lombok ini tidak hanya dari PT SRI, tapi juga dari seluruh main dealer FDR se-Indonesia. “Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada main dealer FDR karena dari dana yang terkumpul, kami dapat membangun Tiok Gangga yang bisa bermanfaat untuk warga terutama anak-anak untuk jangka waktu panjang,” ujar Chamilus.

Rencananya, dari donasi yang terkumpul nantinya akan dibangun 3 Tiok Gangga. Untuk tahap pertama, Tiok Gangga dibangun di Desa Genggelang, sedangkan untuk dua bangunan Tiok Gangga lainnya akan dibangun di daerah yang membutuhkan.

“Kami pilih Desa Genggelang untuk lokasi pertama Tiok Gangga karena lokasinya cukup terpencil sedangkan desa alami banyak kerusakan karena berada di Lombok Utara yang merupakan pusat gempa,” tutup Chamilus.

Dalam kegiatan FDR Peduli Lombok ini, FDR tidak hanya memberikan donasi tapi juga mengundang teman-teman bikers dari berbagai komunitas motor dari Bali untuk ikut serta gotong royong memberikan bantuan yang dibutuhkan warga desa.

Baca Juga
10 Sirkuit Terbanyak Gelar MotoGP
Solusi Penghilang Kusam Cat Mobil

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 29 September 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company