image

Persib Tidak Terima Sanksi Komdis PSSI

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Persib | Editor: Andi Wahyudi | 3 October 2018

SPORTKU.COM

Persib Bandung akhirnya dijatuhi sanksi berat dari Komdis PSSI atas kejadian yang menewaskan satu orang suporter Persija Jakarta.

Setelah melakukan rapat, Komdis PSSI menjatuhkan beberapa hukuman terhadap klub berjuluk Maung Bandung itu akibat beberapa pelanggaran serius. Diantaranya melakukan intimidasi terhadap ofisial Persija sehari sebelum pertandingan. Kemudian sweeping terhadap suporter, pengeroyokan dan pemukulan yang membuat suporter Persija, Haringga Sirla, meninggal dunia.

Atas dasar tersebut, Komdis PSSI memberi hukuman kepada Persib harus menjalani laga kandang di sisa musim ini di luar Pulau Jawa (Kalimantan) dan tanpa penonton. Namun, di musim depan mereka sudah bisa kembali menjalani laga kandang di Bandung meski masih tanpa penonton sampai setengah musim kompetisi. 

Untuk Bobotoh, Komdis juga melarang kepada mereka menonton langsung pertandingan Persib baik kandang atau tandang sampai setengah musim kompetisi 2019. Selain itu, untuk Panitia Pelaksana (Panpel) dihukum tidak boleh mengikuti kepanitiaan pertandingan Persib selama dua tahun serta denda Rp100 juta.

Selanjutnya, bagi tersangka pengeroyokan, Komdis menjatuhkan hukuman larangan menyaksikan pertandingan sepak bola di Indonesia seumur hidup. Selain sanksi itu, Persib juga ketiban sial karena pemain kuncil mereka seperti Ezechiel N’Douassel yang harus absen selama lima laga akibat bertindak kasar saat menghadapi Macan Kemayoran.

Kemudian, Jonatan Bauman yang dihukum tiga pertandingan. Hal ini pastinya sangat merugikan mengingat Persib sedang memimpin klasemen sementara Liga 1 2018.

Melihat banyaknya hukuman yang diberikan, manajemen Persib pun mengajukan keberatan. Hal itu mereka sampaikan dalam rilis resmi klub. 

“Menyikapi keputusan sidang Komdis PSSI, Persib berpendapat bahwa semua butir hukuman yang dijatuhkan tidak menimbang semua fakta di lapangan, sama sekali tidak mencerminkan keadilan dan tidak memberikan solusi atas akar permasalahan yang ada. Kami telah mempelajari isi keputusan Komdis dan sangat keberatan atas hukuman yang dijatuhkan. Selanjutnya kami akan mengajukan banding dan keberatan akan disampaikan dalam memori banding," tulis pernyataan resmi dari laman resmi klub.

Baca Juga:
Kartu Merah Pemain Bintang

Baca Juga:
Kekerasan Suporter Dunia Mirip Indonesia

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Persib | Editor: Andi Wahyudi | 3 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company