image Deny Wajonk (kiri) dan Endang Armost (kanan) dua sosok pria di balik Super Pocketbike Super Pocketbike sudah jalani uji coba di Sirkuit Gokart Sentul Bogor, Jawa Barat Super Pocketbike dengan mesin 150cc karya anak bangsa

Motor Balap Super Pocketbike Karya Anak Bangsa Rasa Moto3

Text : Suhartono | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 3 October 2018

uploads/news/2018/10/motor-balap-super-pocketbike-5326965e436f3fc.jpeg

Motor Balap Super Pocketbike

motor-balap-super-pocketbike-710948b1546460b
motor-balap-super-pocketbike-13181283f4a9ae3
motor-balap-super-pocketbike-55334e37ee4d4e6
SPORTKU.COM

Dunia balap di Indonesia dengan motor sport terus berkembang. Kini tak hanya melulu mengenai motor bebek yang menjadi jagoan sirkuit.

Ide paling menarik untuk saat ini datang dari Deny Wajonk yang tak lain merupakan Event Director dari Indoclub Championship. Pria kalem dan kharismatik tersebut membuat gebrakan baru dengan merakit motor balap GP Mono yang dinamai Super PocketBike.

Deny Wajonk dalam proyek ambisiusnya ini tak sendirinya, melainkan dibantu rekannya Endang Armost. Motor balap Super Pocketbike ini memiliki kapasitas mesin 150cc 2tak. Deny Wajonk mengatakan ide pembuatan Super Pocketbike tak lain untuk penjenjangan para pebalap Indonesia dari bebek ke motor sport.

"Ide bikin uper Pocketbike ini dari VR46 Academy. Yang mana di sekolah balap milik pebalap MotoGP Valentino Rossi di Italia tersebut juga menggunakan RMU sebagai salah satu materi latihan dengan motor kecil berbasis mesin 2tak," buka Deny.

Super Pocketbike juga sudah melakukan pendaratan perdananya di Sirkuit Gokart Sentul Bogor, Jawa Barat pada Senin (25/9) lalu. Tiga pebalap dari aliran berbeda berkesempatan untuk melakukan uji coba. Mereka adalah Ahmad Marta dan Reynaldy Pradana dari kategori seeded. Sedangkan Hendra Apriana mewakili kalangan pebalap pemula.

"Motor ini kita namakan Super Poketbike yang merupakan prototipe yang diciptakan dengan paket murah untuk penjenjangan pebalap ke arah sport. Tetap dengan metode low cost (biaya murah), motor ini diciptakan dengan sistem kanibal," ungkap Deny dan Endang.

Baca Juga
Ana Carrasco vs Jonathan Rea

Dimaksud kanibal karena pengerjaan Super Pocketbike ini juga menggunakan serangkaian part yang dicomot dari motor-motor lain. Seperti kaki-kaki menggunakan milik Suzuki Thunder dan swing arm Kawasaki KLX150. "Semuanya kita pakai metode subtitusi, kecuali rangkanya kita bikin sendiri dan ini merupakan terobosan baru di balap."

Untuk rodanya, Super Pocketbike ini menggunakan ukuran 14inci. Dikatakan Deny dan Endang, ukuran roda 14inci membuat Super Pocketbike sangat cocok untuk digunakan di sirkuit-sirkuit yang ada di Indonesia. "Di Indonesia rata-rata karakter sirkuit kecil sehingga penggunaan ring 14inci sangat cocok," tambahnya.

Lebih menarik lagi, motor balap ini dirancang untuk semua penggunaan mesin. "Dari segi dudukan mesin kami rancang untuk semua jenis mesin, jadi tinggal pasang saja mesin balap yang dimiliki oleh tim maupun pebalap. Kalau mesin yang dites di Sirkuit Gokart Sentul kita pakai milik Kawasaki 150cc 2tak," sambung Deny.

"Untuk sumbu roda jaraknya 118cm, disamain seperti basic motor RMU di VR46 Academy. Untuk fairingnya model 1 set plug dan pakai 1 pin utama. Disamain kayak motor Moriwaki untuk memudahkan bongkar pasang," jelas Deny kepada SPORTKU.com.

"Yang bikin istimewa dari Super Pocketbike ini disamain persis kayak hitungan Moriwaki. Di mana posisi mesin ada di atas, jadi lebih dekat dengan body pebalap. Ini yang bikin nikungnya motor nyatu dengan rider dan rasanya kaya Moto3. Jadi memungkinkan untuk elbow down," tutup Deny.

Baca Juga
Riding Bareng Sambil Beramal Untuk Gempa Palu
Banyak Gangguan Dialami Ali Adrian Selama Balapan WSSP300 2018

Text : Suhartono | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 3 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company