image

Haringga dan Korban Suporter Bola Indonesia 10 Tahun Terakhir

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Fajrin | Editor: Andi Wahyudi | 4 October 2018

SPORTKU.COM

Korban jiwa akibat sepak bola di Indonesia memang terus bermunculan, terutama dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Haringga Sirla, salah satu suporter Persija Jakarta meninggal dunia secara sadis saat hendak menyaksikan langsung pertandingan antara Persib Bandung melawan Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/9). Dia dikeroyok secara membabi buta oleh oknum Bobotoh beberapa jam sebelum pertandingan dimulai. 

Sangat menyedihkan pastinya melihat korban jiwa kembali melayang akibat olahraga yang paling digemari di seluruh dunia ini. Di Indonesia, kematian Haringga juga bukan yang pertama atau kedua kalinya terjadi karena ini terus muncul setiap tahun.

Terhitung sejak 2008 lalu, hampir setiap tahun kita mendengar ada korban jiwa karena sepak bola. Pada 2008 lalu terdapat dua orang korban, dari The Jakmania yang meninggal akibat terinjak-injak saat menyaksikan laga melawan Persiwa. Setahun berselang, memang ada perbaikan karena tak ada lagi korban jatuh.

Namun, pada 2010, kembali muncul satu orang korban dari Persikmania yang tewas terinjak saat menonton tim kesayangannya berlaga melawan Persib. Sejak saat itulah, jumlah korban terus bertambah. Di tahun 2011 terdapat tujuh orang suporter meninggal dunia. 

Setahun kemudian, lebih ekstrem lagi karena ada sembilan nyawa melayang akibat olahraga ini. Ungkapan belasungkawa seringkali terdengar karena memang seperti tidak ada habisnya korban berjatuhan setiap tahun. 

Sampai pada akhirnya, kita kembali disuguhkan aksi biadab dari para oknum suporter yang dengan tega menghabisi nyawa manusia pada 23 September lalu. Berbenah, itu adalah satu kata lain yang sering terucap dari sepak bola di negeri ini, meski nyatanya sampai sekarang belum terbukti.

Haringga Sirla tidak sendiri karena sebelumnya sudah terlalu banyak orang yang meninggal akibat bobroknya sepak bola di negeri ini. Sekarang kita hanya bisa berdoa semoga Haringga menjadi yang terakhir karena sepak bola bukanlah ajang pencabut nyawa. 

suporter-bola-65184c9e659793a.jpg

Baca Juga:
Datang ke Istana Negara, Timnas Indonesia U-16 Diberi Pesan Khusus Oleh Jokowi

Baca Juga:
Kematian Suporter di Setiap Era Kepemimpinan PSSI, Siapa Terbanyak?

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Fajrin | Editor: Andi Wahyudi | 4 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company