image

Scuderia Ferrari Terjebak Kesialan di GP Jepang

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Scuderia Ferrari | 7 October 2018

SPORTKU.COM

Langkah kegagalan Scuderia Ferrari di Jepang seakan telah ditakdirkan sejak sesi latihan bebas resmi dimulai, Jumat (5/10).

Entah apa yang ada dibenak Maurizio Arrivabene, Kepala Tim Scuderia Ferrari saat melihat anak asuhnya gagal meraih podium di Grand Prix Jepang (7/10). Sederet strategi yang telah dipersiapkan, rasanya pupus begitu saja ketika mobil SF71-H dengan livery barunya menginjakkan kaki di lintasan sirkuit sepanjang 5,087 kilometer.

Di mulai ketika sesi latihan bebas. Dalam tiga sesi yang digelar, Sebastian Vettel, yang menjadi tumpuan Scuderia Ferrari untuk bisa naik podium seperti mengisyaratkan sebuah ketidak beruntungan. Saat sesi pertama free practice, Sebastian Vettel gagal mengantisipasi chicane khas sirkuit Suzuka. Akibatnya, ia harus lurus, dan tidak sama sekali melewati chicane tersebut.

Kemudian, di salah satu sektor sirkuit Suzuka, saat menjalani sesi kedua latihan resmi, Sebastian Vettel juga hampir keluar lintasan. Rem mobilnya mengunci dan menyebabkan SF71-H agak sedikit tergelincir. Berlanjut di akhir sesi, giliran Kimi Raikkonen yang mengalami overshoot. Beruntung saat itu kecepatan mobilnya tidak terlalu kencang, sehingga tidak benar-benar menghantam barrier lintasan.

Baca juga:
LEWIS HAMILTON TAKLUKKAN SUZUKA

Kejadian tidak mengenakan tersebut masih berlanjut saat sesi kualifikasi. Sebastian Vettel, lagi-lagi tergelincir saat menjalani sesi pertama kualifikasi. Ketika itu, traffic tidak terlalu ramai, sehingga ia masih bisa melanjutkan performanya untuk mendapatkan waktu tercepat. Menjelang sesi terakhir di babak kualifikasi, Sebastian Vettel kembali tergelincir. Meskipun tidak parah, namun cukup membuatnya kurang kompetitif, sehingga ia harus start dari posisi kedelapan.

Saat sesi balapan pun, duo Ferrari ini tidak lepas dari nasib kurang beruntung. Pertama, Kimi Raikkonen yang disenggol oleh Max Verstappen saat melintasi chicane. Ini disebabkan karena rem mobil Verstappen yang terkunci, dan ia langsung kembali ke lintasan tanpa melihat ada pebalap lain di belakangnya. Akibatnya, kontak dengan Kimi Raikkonen pun tidak terelakkan.

Sementara itu, alih-alih ingin menyalip Verstappen di salah satu sektor sirkuit Suzuka, Vettel malah mengalami nasib yang lebih apes dari Kimi Raikkonen. Ia tergelincir dan berputar di run off area setelah kontak dengan pebalap muda, Red Bull Racing, Max Verstappen. Akibatnya, ia harus berada di baris paling belakang saat kejadian itu terjadi.

Hingga akhir balapan, memang sepertinya sirkuit Suzuka bukanlah sahabat bagi Tim Kuda Jingkrak. Mungkin balapan di Jepang merupakan salah satu cerita buruk Scuderia Ferrari sepanjang musim ini. Scuderia Ferrari hanya bisa bertengger di posisi kelima dan keenam dihasil akhir Grand Prix Jepang 2018.

Baca juga:
PENYEBAB OTT TANAK BERHENTI BALAPAN

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Scuderia Ferrari | 7 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company