image Tim BePink Cogeas putri (Getty Images Sport) Strip warna pada jersey pelangi adalah warna UCI dan simbol dari 5 benua (Foto: UCI)

Kejuaraan Dunia Balap Sepeda Antarnegara di Jalan Raya

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Cyclingweekly | Editor: Dedi Hermawan | Media Source: Berbagai sumber | 7 October 2018

uploads/news/2018/10/uci-road-world-championships-9575079e1052b34.jpg

UCI Road World Championships

uci-road-world-championships-65523fe239a2d18
jersey-pelangi-332330d692969fa
SPORTKU.COM

Seperti cabang olahraga lainnya, olahraga balap sepeda juga memiliki event besar yang dinanti-natikan oleh seluruh insan balap sepeda dunia.

Digelar setiap tahun, event tersebut adalah UCI Road World Championships alias kejuaraan dunia balap sepeda jalan raya. Sesuai namanya, event ini diselenggarakan oleh federasi balap sepeda internasional (Union Cycliste Internationale/UCI) dan seluruh nomor yang dilombakan pada event ini dilangsungkan di jalan raya.

Road World Championships pertama digelar terjadi pada tahun 1921 dan terus digelar hingga sekarang. Hanya saja, gelar juara yang diperebutkan pada event perdana hanya satu, yaitu Road Race Pria Amatir.

UCI Road World Championships juga digelar di kota atau wilayah yang berbeda setiap tahunnya. Acara ini diselenggarakan di lintasan yang datar, yang disukai sprinter, atau lintasan yang berbukit yang disukai spesialis tanjakan.

Sebelumnya, UCI Road World Championships selalu menjadi balapan di musim panas, yang diadakan pada akhir Agustus atau pekan pertama bulan September. Tapi sejak tahun 1995, event ini diselenggarakan menjelang akhir musim balapan atau pada akhir September, atau setelah Vuelta a España (Tour Spanyol).

Semua nomor yang dilombakan di UCI Road World Championships diikuti oleh para pebalap tim nasional dari berbagai negara. Juara dari masing-masing kategori atau nomor lomba pada event ini akan berhak untuk memakai Jersey Pelangi pada musim balap di tahun berikutnya.

Baca juga:
CATAT! INI JADWAL DAN LOKASI PIALA DUNIA MTB MUSIM 2019 DAN 2020

Nomor yang dilombakan dalam terbagi dalam kategori, putra dan putri dan nomor yang dilombakan beragam, yang biasanya terbagi dalam beberapa kategori berdasarkan gender dan usia.

Misalnya, pada kejuaraan dunia 1927 atau profesional pertama di Nürburgring, Jerman, melombakan nomor profesional pria yang kala itu dimenangkan oleh pebalap Italia Alfredo Binda. Sedangkan untuk kategori Amatir dimenangkan oleh Jean Aerts dari Belgia.

Kini kategori maupun nomor yang dilombakan meliputi, Elite Men's road race, Elite Men's time trial, Men's team time trial, U23 Men's road race, U23 Men's time trial, Junior Men's road race, Junior Men's time trial, Elite Women's road race, Elite Women's time trial, Women's team time trial (tim pro), Junior Women's road race dan Junior Women's time trial.

Namun, nomor atau kategori yang dilombakan tersebut telah mengalami sejumlah perubahan. Misalnya, kategori Men's team time trial untuk tim profesional yang dilombakan pada tahun ini akan dihilangkan pada tahun depan.

UCI Road World Championships 2018 sendiri cukup istimewa, khususnya bagi Indonesia. Sebab, untuk pertama kalinya Indonesia mengirimkan satu pebalapnya untuk berlaga di ajang tersebut.

Baca juga:
KOREA KEMBALI BERSATU DI ASIAN PARA GAMES 2018

Tim BePink Cogeas putri (Getty Images Sport)
uci-road-world-championships-65523fe239a2d18.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Cyclingweekly | Editor: Dedi Hermawan | Media Source : Berbagai sumber | 7 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company