image

Marquez Menang di Menit Akhir Atas Dovizioso

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 8 October 2018

SPORTKU.COM

Marc Marquez dan Andrea Dovizioso hampir mendominasi di seluruh lap balapan MotoGP Thailand, Minggu (7/10).

Sirkuit Chang Buriram, Thailand untuk pertama kalinya menjadi penyelenggara MotoGP di musim 2018 ini. Balapan yang berlangsung selama 26 lap tersebut akhirnya dimenangkan oleh Marquez. Pebalap Repsol Honda ini memang sudah diprediksi sejak awal akan menjadi jawara.

Memulai balapan dari posisi pole, memang sudah menjadi nilai lebih untuk Marquez. Meski begitu, di awal-awal lap, penampilan Marquez sempat terganggu dengan aksi Valentino Rossi yang start dari grid kedua. Bagitu juga serangan dari Dovizioso yang ada di grid ketiga.

Namun di sepanjang balapan yang menegangkan itu, ada Marquez dan Dovizioso yang memberikan tontonan menarik di akhir-akhir lap. Dovizioso yang sudah memimpin balapan di sisa 16 lap tak kuasa untuk mempertahankannya. Dia kalah saing dari Marquez di lap akhir.

Pada lap terakhir, Marquez sudah memimpin balapan diikuti Dovizioso, dan Vinales. Di tikungan terakhir lap penutup, Dovizioso sempat menyalip Marquez. Sayangnya, Marquez tak begitu saja rela melepaskan kemenangan perdananya di Sirkuit Chang. Marquez masih berhasil antisipasi serangan akhir Dovizioso.

"Pada akhirnya kami membalap setelah kalah tiga kali, dan keempat kalinya kami mengubah sedikit gaya. Tapi jujur, strategi saya adalah untuk mencoba mendorong lebih kuat ketika balapan masih menyisakan 10 lap, 8 lap atau lebih," ungkap Marquez.

Baca Juga
Pebalap MotoGP Raja Sosmed Sampai Yang Paling Hobi Ngevlog

"Saya melihat bahwa kecepatan Dovizioso bagus dan saya bisa menjadi sedikit lebih cepat. Tetapi saya tidak dapat menyusulnya karena ban depan saya terlalu panas dan saya tidak dapat menghentikan sepeda motor pada titik pengereman."

“Untuk alasan itu saya mencoba menyerang sebelum lap terakhir, untuk mencoba mendinginkan sedikit ban depan, tetapi Dovi benar-benar pintar dan dia mengambil alih saya dengan sangat cepat setiap waktu. Lalu saya bilang oke, kita akan lihat di lap terakhir," jelas Marquez.

“Tujuan saya adalah untuk mencoba dan tiba di tikungan terakhir di posisi depan karena ketika tiga lap tersisa, saya mencoba menyalipnya di sana tetapi saya tidak dapat menghentikan sepeda motor dengan cara yang baik dan dia (Dovizioso) menyusul saya," tutup Marquez.

Strategi Marquez untuk menyalip Dovizioso di lap pamungkas pun berhasil. Marquez akhirnya finish terdepan dengan raihan waktu 39menit 55.722detik. Sedangkan Dovizioso harus puas bertengger di peringkat runner up dengan selisih waktu +0.115detik.

Baca Juga
Alasan Lorenzo Mundur dari MotoGP Thailand
Data dan Fakta Sirkuit Chang Thailand

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 8 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company