image

Aerodinamis Mobil LMP1 di Mobil Balap ISSOM

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 9 October 2018

uploads/news/2018/10/sirip-ajaib-pendongkrak-performa-358481e735ebc8f.jpg

Sirip Ajaib Pendongkrak Performa

issom-putaran-kelima-2018-23426703aa60d11
issom-putaran-kelima-2018-994581b07f7fa75
SPORTKU.COM

Beragam cara terus dilakukan oleh Andry, guna memaksimalkan performa Mercedes W124 miliknya. Termasuk pengadopsian sirip layaknya mobil F1 dan LMP1.

Jika melihat desain mobil Formula 1 2017, ada sebuah fitur yang diaplikasikan oleh semua tim, yakni sirip hiu di bagian atas mesin. Bukan hanya itu, di mobil balap yang masuk dalam kategori LMP1 dalam balap Le Mans, mereka juga ikut mengaplikasikan fitur tersebut.

Melihat teknologi seperti itu, akhirnya, Andry, pebalap yang aktif di gelaran Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM), terbesit untuk ikut mengaplikaskan fitur tersebut di mobil balapnya.

"Yang ada di mobil saya itu sebenarnya terinspirasi dari sailboat, yang memanfaatkan angin sebagai daya ketika berbelok. Dan di mobil saya, itu berguna ketika mobil mengalami gejala oversteer. Cara kerjanya, sirip tersebut berguna untuk menstabilkan gerakan bagian belakang mobil. Jadi saat menembus angin di tikungan, sirip tersebut membantu untuk menstabilkan bagian belakang supaya tidak liar," jelas pebalap dengan nama lengkap Andry Wiradhuswanto.

Baca juga:
PERLAWANAN SEPADAN SETIAWAN DAN FADIL

Lebih detail lagi, pebalap yang turun di kejuaraan Mercedes-Benz Club Indonesia Race Championship (MBCIRC) dan Euro Touring Car Championship (ETCC), menjelaskan lebih rinci tentang fungsi dari sirip hiu tersebut.

"Gunanya adalah yang bagian depan berfungsi sebagai membelah angin, yang belakang untuk menekan, dan yang samping untuk menahan bagian belakang. Justru dia tujuannya supaya mobil tidak oversteer, kan mobil saya aslinya understeer, karena distribusi bobotnya 60:40, dan saya sudah melakukan beragam cara mulai dari wing hingga deck untuk mengurangi hal tersebut. Cuma kadang-kadang, masih understeer. Namun setelah understeer hilang, mobil jadi oversteer. Itulah saya pakai sirip untuk mengurangi gejala tersebut," beber Andry yang hobi mencicipi beragam hidangan kuliner.

Rupanya, fitur sirip ajaib ini memang sudah mulai diaplikasikan oleh Andry sejak seri tiga lalu. Namun memang, hal ini masih dalam tahap pengembangan tim mekanik agar kinerjanya menjadi lebih maksimal. "Mulai dari seri tiga sudah mulai saya pakai, dan mengalami waktu yang cukup signifikan. Ini juga masih terus didevelop, kita masih terus improvisasi untuk mengukur seberapa ketebalan dan tingkat kelenturannya," imbuhnya.

Baca juga:
KETANGKASAN ANJASARA DI SPRINT RALLY


Sirip ajaib di mobil Mercedes W124 milik Andryissom-putaran-kelima-2018-994581b07f7fa75.jpg

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 9 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company