image

Rossi Kaget dengan Hasil MotoGP Thailand

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 9 October 2018

SPORTKU.COM

Akhir pekan luar biasa bagi Yamaha di MotoGP Thailand pada Minggu (7/10).

Sejak sesi latihan bebas, dua pebalap Movistar Yamaha memang sudah memberikan hasil apik. Penampilan mereka di Sirkuit Chang, Buriram yang pertama kali menjadi tuan rumah MotoGP ternyata menjadi momen indah bagi Valentino Rossi juga Maverick Vinales.

Penampilan apik Rossi dan Vinales terus berlanjut hingga babak kualifikasi. Di mana Rossi berhasil menembus posisi grid kedua, sedangkan Vinales di grid 4. Sebelum balapan, Rossi masuk daftar untuk finish di podium juara. Sayangnya, hal tersebut tak terjadi dan justru Vinales yang finish di podium 3.

Meski begitu, pada lap-lap awal Rossi sempat memimpin balapan. Di sisa 22 dari 26 lap balapan, Rossi sudah berhasil mengambil alih kepemimpinan dari Marc Marquez. Rossi memimpin balapan meski sulit membuat gap dengan para pebalap di belakangnya. Pada lap 11, Marquez berhasil salip Rossi. Juga Andrea Dovizioso salip Rossi. Rossi melorot ke posisi 3.

Penampilan Rossi terus memburuk. Pada lap 19, Vinales yang berada di belakangnya sukses memupus impian Rossi untuk finish di podium juara. Akhirnya, pebalap asal Italia tersebut harus puas menduduki posisi 4 di belakang Vinales yang finish ke-3.

"Bagi saya, ini adalah balapan terbaik untuk Yamaha di paruh kedua musim ini. Ini sangat penting. Itu jauh lebih baik, karena kami bertarung di grup papan atas. Kami selalu berjuang terlalu banyak dengan ban. Tapi hari ini kami tidak. Saya tidak terlalu senang karena saya ingin mencoba naik podium. Tapi Maverick lebih kuat," ungkap Rossi.

Baca Juga
Bukan Cuma MotoGP, Berikut 7 Event Balap Motor di Bawah Dorna

Balapan dengan cuaca panas yang cukup menyengat memang menjadi tantangan lain sepanjang MotoGP Thailand. Namun hal tersebut tak membuat Rossi menderita secara fisik. "Saya merasa sangat baik (fisik) dan saya tiba di akhir lomba dengan kekuatan yang cukup untuk bertarung. Tapi di semua balapan saya mencoba untuk menghemat ban, seperti semua pebalap."

Menurut Rossi, kini saat balapan semua pebalap menunggu waktu yang tepat untuk membuat serangan. Misalnya, menurut Rossi untuk dua lap pertama pebalap mendorong kuat dan semua pebalap akan mengikutinya. "Sekarang Anda tidak pernah mendorong di semua lap balapan."

Sebelum balapan, Rossi memang menjadi salah satu pebalap yang dijagokan untuk naik ke panggung podium. Tapi hal itu urung terjadi. Rossi pun membeberkan dirinya mengalami masalah dengan ban pada lap-lap terakhir. "Pada lap terakhir saya bermasalah dengan ban dan saya kehilangan waktu dua atau tiga persepuluh detik."

"Selama akhir pekan, Maverick menggunakan cara lain pada set-up. Dia bisa mengendarai motor jenis itu (hasil modifikasi) dan mungkin menyelamatkan ban dengan cara yang lebih baik. Jadi Maverick sedikit lebih kuat dari saya pada akhirnya," jelas Rossi.

Baca Juga
Prestasi Pebalap Indonesia di ATC Thailand Kurang Maksimal
Corsa Platinum M5 Resmi Meluncur

 

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 9 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company