Yamaha M1 Bikin Bingung Rossi

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 9 October 2018

SPORTKU.COM

MotoGP untuk pertama kalinya hadir di Thailand pada akhir pekan kemarin, 6-7 Oktober.

Sirkuit Chang, Buriram, Thailand menjajal kemampuan para pebalap dalam gelaran MotoGP. Marc Marquez (Repsol Honda) mencetak sejarah dengan menangi balapan. Diikuti Andrea Dovizioso (Ducati) di podium kedua dan Maverick Vinales (Movistar Yamaha) di posisi 3.

Sebelum balapan, Rossi memang menjadi salah satu pebalap yang dijagokan untuk naik ke panggung podium. Pasalnya, sejak sesi latihan bebas, pebalap Italia itu sudah tampil apik. Bahkan di babak kualifikasi, rekan setim Vinales ini juga mampu mencetak waktu terbaik kedua.

Tak ayal, Rossi yang selama ini tampil buruk kala itu menjadi salah satu jagoan untuk bisa finish di podium juara. Tapi hal itu urung terjadi. Rossi pun membeberkan dirinya mengalami masalah dengan ban pada lap-lap terakhir.

"Pada lap terakhir saya bermasalah dengan ban dan saya kehilangan waktu dua atau tiga persepuluh detik," ungkap Rossi yang sempat memimpin balapan untuk beberapa lap pembuka.

"Selama akhir pekan, Maverick menggunakan cara lain pada set-up. Dia bisa mengendarai motor jenis itu (hasil modifikasi) dan mungkin menyelamatkan ban dengan cara yang lebih baik. Jadi Maverick sedikit lebih kuat dari saya pada akhirnya," jelas Rossi.

Baca Juga
Cesar Pardo, Wakili Peru di Rally Dakar 2019

Sebelumnya, Rossi memang pesimis bisa meraih hasil apik di Sirkuit Chang. Rossi bahkan mengatakan jika trek sepanjang 4,5 kilometer tersebut tak cocok dengan karakter Yamaha. Maka dari itu, Rossi masih belum tahu pasti apa yang menyebabkan dirinya bisa kompetitif.

Rossi ingin mengetahui apakah balapan di MotoGP Thailand hanya sebuah kebetulan, atau modifikasi yang dilakukan Yamaha telah menemukan sesuatu untuk menjadi kompetitif di 4 sisa balapan musim ini. "Sekarang kita perlu memahami seberapa banyak kita meningkatkan motor," cetus Rossi.

"Bagi saya, di atas kertas, trek ini bukan sirkuit untuk Yamaha. Saya diharapkan untuk menderita lebih banyak dan menjadi, misalnya, lebih kuat di Misano. Tetapi di Misano kami berjuang. Jadi sulit untuk dipahami. Tapi kami merasa lebih baik dengan motor di sini (Thailand), saya dan Maverick juga kuat. Mungkin kami sedikit meningkat, tapi sekarang kita harus melihat di Motegi."

"Empat balapan berikutnya akan sangat penting karena kami harus berusaha menjadi lebih kuat dan kompetitif di semua trek yang berbeda. Karena Honda dan Ducati kuat di mana-mana," tutup Rossi.

Baca Juga
Kustomfest 'Kompetisi Kustom Termegah' di Indonesia
Bukan Cuma MotoGP, Berikut 7 Event Balap Motor di Bawah Dorna

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 9 October 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Niki Tuuli Digaet Ajo Racing

Niki Tuuli Digaet Ajo Racing

MOTOGP
Triumph Indonesia Ikutan DragBike 402Meter

Triumph Indonesia Ikutan DragBike 402Meter

DRAG BIKE
Pebalap Baru Ducati di WSBK

Pebalap Baru Ducati di WSBK

SUPERBIKE
Ricko Bochel Jajal DragBike 402Meter

Ricko Bochel Jajal DragBike 402Meter

DRAG BIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company