image

Sektor Suspensi Jadi Fokus Utama Setiawan Santoso

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 9 October 2018

uploads/news/2018/10/benahi-suspensi-jadi-fokus-7262187d2dc50c5.jpg

Benahi Suspensi, Jadi Fokus Setiawan

setiawan-santoso-issom-63662d3cb9c9e46
setiawan-santoso-issom-3334469c8b767f4
setiawan-santoso-issom-2213548420ad340
SPORTKU.COM

Settingan suspensi masih menjadi salah satu hal yang difokuskan oleh Setiawan Santoso di balapan ISSOM.

Sebagai pendatang baru di ajang Kejuaraan Nasional European Touring Car Championship (ETCC) Indonesia, nama pebalap Setiawan Santoso, memang langsung menyita perhatian. Turunnya Setiawan di kelas Pro, sudah pasti menyiratkan aroma persaingan yang semakin ketat. Terutama dengan rival sepadannya, Ahmad Fadillah Alam, dari Fastron Jakarta Ban Racing Team.

Di seri lima Kejurnas ETCC Indonesia beberapa waktu lalu, Setiawan Santoso memang gagal mengamankan podium pertama. Ia mengaku ada beberapa faktor yang menyebabkan dirinya gagal meraih puncak podium. Selain jam terbang Fadil, kesehatan mobil BMW M3 E46 juga menjadi penyebab Setiawan kurang kompetitif. Diakui oleh Setiawan, sektor suspensi memang harus mendapat perhatian khusus.

Baca juga:
SIRIP AJAIB PENDONGKRAK PERFORMA

"Sekarang lagi mencari suspensi yang lebih bagus. Kemarin itu, suspensi belakangnya bermasalah," ujar Setiawan kepada SPORTKU. Persoalan suspensi memang menjadi salah satu kunci pebalap di atas lintasan balap. Selain jantung pacu, settingan suspensi memang harus seirama dengan karakter lintasan dan settingan mesin. Kedua sektor tersebut harus selaras, guna tampil kompetitif.

"Kalau menikung di saat posisi kencang, suspensi belakangnya itu mentok. Begitu mentok, langsung ban kehilangan grip. Makanya, saat balapan kemarin itu saya mengalami oversteer secara terus menerus. Ban juga menjadi tidak kuat dengan bertambahnya lap. Masalah ini muncul sudah dari balapan sebelum-sebelumnya. Sudah dicoba untuk setting, tetapi memang masih belum maksimal hasilnya," tambah Setiawan.

Selain dilanda persoalan suspensi yang belum maksimal settingannya, pebalap yang juga turun di kejuaraan STC ini masih mengeluhkan bobot mobil yang masih berat. Namun demikian, sebagai pebalap, ia terus berusaha untuk tampil kompetitif meski masih terdapat kekurangan di sana-sini.

Baca juga:
PERLAWANAN SEPADAN SETIAWAN DAN FADIL

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 9 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Aldio Oekon Juara Nasional ETCC

Aldio Oekon Juara Nasional ETCC

ETCC
Prestasi Pangarang Slalom Team 2018

Prestasi Pangarang Slalom Team 2018

GYMKHANA
Bungkam Stigma Negatif Lewat Prestasi

Bungkam Stigma Negatif Lewat Prestasi

GYMKHANA
Bottas Jawab Rumor Orang Ketiga

Bottas Jawab Rumor Orang Ketiga

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company