Masa Depan Cerah Timnas Indonesia U-16

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : PSSI | Editor: Andi Wahyudi | 10 October 2018

SPORTKU.COM

Hadirnya timnas Indonesia U-16 memang membawa secercah harapan baru terhadap masa depan persepakbolaan tanah air.

Di tengah lesunya prestasi sepak bola Indonesia, timnas U-16 asuhan Fakhri Husaini memang membawa angin segar bak oase di padang pasir. Kesuksesan menjuarai Piala AFF U-16 Agustus lalu menjadi buktinya. 

Bagaimana tidak, bertemu lawan kuat seperti Vietnam dan Myanmar, Garuda Asia seakan tidak terhentikan. Catatan yang diraih pun tidak main-main dengan menyapu bersih laga fase grup dengan kemenangan. 

Lebih fantastis lagi karena Amiruddin Bagus Kahfi dkk. tampil sangat produktif dengan torehan 23 gol sepanjang turnamen. Kemudian, Indonesia melaju mulus ke partai puncak setelah membungkam Malaysia 1-0 di semifinal.

Bertemu Thailand di final, memang langkah Indonesia tidak semulus di fase sebelumnya. Namun, pada akhirnya, Indonesia tetap keluar sebagai jawara usai memenangi adu penalti 4-3.

Hal tersebut membawa kepercayaan dan harapan yang sangat tinggi terhadap anak-anak muda ini di Piala Asia U-16. Berstatus sebagai jawara Asia Tenggara, Indonesia mulai diperhitungkan pada kancah yang lebih besar, yaitu Piala Asia. 

indonesia-31329107ad3e0a8.jpg

Hal itu terus dibuktikan karena pada tiga laga uji coba sebelum Piala Asia dimulai, Indonesia meraih dua kemenangan, sekali imbang. Sesuatu yang menambah motivasi para pemain tentunya.

Hingga tibalah saatnya berlaga di Piala Asia. Iran menjadi lawan perdana skuat Merah Putih di penyisihan grup C, sangat luar biasa karena hasilnya Indonesia bisa meraih kemenangan 2-0 di laga itu.

Meraih kemenangan atas raksasa Asia jelas kian menambah kepercayaan diri para pemain. Namun, di laga kedua dan ketiga, terjadi penurunan kualitas karena Indonesia hanya meraih hasil imbang saat bertemu Vietnam dan India.

Tetapi dengan hasil ini sudah cukup mengantarkan Indonesia ke perempat final, satu langkah menuju Piala Dunia U-17 yang akan digelar di Peru tahun depan. Pasalnya, wakil Asia diambil dari empat tim yang menjadi semifinalis.

Sampai tiba saatnya laga perempat final antara Indonesia melawan Australia. Lawan yang sukses mengalahkan mereka 3-7 pada 2017 lalu.

Benar saja, saat pertandingan babak pertama, Sutan Diego Zico memberikan harapan besar karena berhasil menjebol gawang Australia di menit 16. Masyarakat Indonesia pun berdoa karena jarak dengan Piala Dunia hanya 45 menit saja. 

indonesia-1505743b5e6c961.jpg

Namun, harapan mulai memudar setelah Daniel Walsh menjebol gawang Ernando Sutaryadi. Gol itu membuat Australia kian bersemangat dan akhirnya berbalik unggul melalui Adam Leombruno. 

Pertahanan Indonesia hancur berantakan setelah dua gol cepat dari Australia. Tidak lama berselang, Piala Dunia benar-benar menjauh dari Indonesia karena Noah Botic memperbesar keunggulan The Socceroos menjadi 1-3.

Indonesia memang bisa memperkecil kedudukan melalui Rendy Juliansyah. Tapi gol itu belum cukup membuat Indonesia berlaga di turnamen tertinggi sepak bola dunia. Indonesia kalah 2-3 dan angkat koper dari Piala Asia.

Sedih pastinya karena Piala Dunia sudah di depan mata harus sirna hanya dalam waktu 45 menit saja. Namun, melihat perjuangan skuat Fakhri Husaini, banyak yang kagum dengan memberikan apresiasi setinggi langit.

Pasalnya, menembus delapan besar Asia merupakan kebanggaan tersendiri. Apalagi, Indonesia menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang mampu bersanding dengan delapan tim Asia.

Untuk itu setibanya di Indonesia, para prajurit lapangan hijau ini langsung mendapat sambutan dari Presiden Joko Widodo di Istana Negara. 

“Yang pertama saya ingin menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas perjuangan keras, kerja keras saudara semuanya baik di kompetisi tingkat ASEAN kemudian Asia. Saya kira melihat di TV perjuangan kalian sudah sangat keras, hasilnya bisa kita lihat,” kata Jokowi kepada pemain U-16.

“Saya optimistis timnas U-16 akan menjadi kebanggaan negara dalam 5, 10, atau 15 tahun yang akan datang. Oleh karena itu saya titip kepada Pak Menpora tim ini betul-betul dijaga pemainnya, pelatih, ofisial untuk tetap kompak dan menanjak di U-19 nantinya dan ke level senior,” sambungnya. 

Dukungan besar memang saat ini sangat dibutuhkan oleh anak-anak U-16 agar bisa terus berkembang ke depan. Serta fasilitas latihan dan uji coba tak lupa diperbanyak agar menambah jam terbang Bagus Kahfi Cs. 

"Iya dukungan penuh pemerintah bersama PSSI sangat dibutuhkan demi kemajuan prestasi sepak bola Indonesia. Saya juga mengusulkan untuk membangun fasilitas training center bagi pemain muda, saat ini Indonesia kekurangan hal itu," ucap Fakhri Husaini. 

Kerangka tim ini sudah terbentuk hingga sedemikian rupa. Bukan tidak mungkin, harapan masyarakat Indonesia menyaksikan timnas bisa berlaga di level dunia bisa terwujud lima tahun ke depan. Jika level Asia Tenggara dan Asia sudah dijejaki, tentu Piala Dunia menjadi fase akhir yang harus ditembus.

Dengan skuat U-16 saat ini, semuanya masih bisa terjadi asalkan semua pihak bisa membantu perkembangan mereka. Semoga ini bukan sekedar harapan dan mimpi melihat Merah Putih berlaga di tingkat dunia. 

Baca Juga:
Lima Pembelian Terbaik Juventus di Era Beppe Marotta

Baca Juga:
Mandulnya Real Madrid Musim Ini

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : PSSI | Editor: Andi Wahyudi | 10 October 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Ketika Murid Rossi Tak Berkutik

Ketika Murid Rossi Tak Berkutik

TOPIC OF THE WEEK
Geliat Arsenal Bersama Unai Emery

Geliat Arsenal Bersama Unai Emery

TOPIC OF THE WEEK
Sejarah COTA F1

Sejarah COTA F1

TOPIC OF THE WEEK
Kritikan Rossi Berbuah Manis

Kritikan Rossi Berbuah Manis

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company