image

Anthony West Absen di ARRC Sentul 2018

Text : Suhartono | Photo / Video : ARRC | Editor: Andi Wahyudi | 10 October 2018

SPORTKU.COM

Anthony West berada di jalur untuk menjadi pebalap Australia pertama yang meraih gelar Juara Umum Asia.

Empat kemenangan dan serangkaian podium di Kelas Supersport 600cc (SS600) telah dicapai oleh West. Empat seri ARRC 2018 berlalu, West kini memiliki keunggulan 51 poin di puncak klasemen sementara ARRC 2018 Kelas SS600. Di mana West sudah mengantongi 136 poin.

Namun mimpi West untuk bisa meraih titel Juara Umum ARRC 2018 Kelas SS600 sepertinya pupus sudah. Pasalnya, FIM telah memberikan larangan kepada West untuk berpartisipasi dalam kegiatan balap. Pengumuman ini dikeluarkan langsung oleh FIM pada 14 September 2018 lalu. Maka dari itu, segala aktivitas West sebagai seorang pebalap dilarang untuk sementara.

Sangat disayangkan, padahal West tengah berburu gelar Juara Asia. Masih tersisa 100 poin di dua seri ARRC 2018. West pun dilaporkan akan absen di ARRC Indonesia di Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat pada akhir pekan ini, 13-14 September.

Untuk itu, besar kemungkinan posisi West sebagai pemuncak klasemen sementara akan tergantikan oleh pesaingnya. Kini di posisi kedua ada Azlan Shah Kamaruzaman, pebalap Malaysia di bawah manual Tech KYT Kawasaki Racing dengan 85 poin. Musim lalu, Azlan Shah juga keluar sebagai juara umum SS600.

Baca Juga
FDR Gandeng Komunitas Gelar Baksos Peduli Gempa Lombok (Video)

Sedangkan di posisi ketiga klasemen sementara ada pebalap Jepang Yuki Ito. Pebalap Yamaha Racing ASEAN tersebut kemas 76 poin. Menyusul di posisi 4 adalah Tomoyoshi Koyama, pebalap Musashi Boon Siew Racing Honda dengan 66 poin. Tertinggal 1 poin dari Koyama, rekan setimnya Md Zaqhwan Zaidi ada di posisi 5.

Sementara itu, Webike Ikazuchi Racing telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya telah menunjuk pebalap baru untuk tampil di ARRC Sentul. Pebalap Selandia Baru Liam Taylor MacDonald akan menjadi pebalap pengganti untuk West.

Sebelumnya, FIM mengatakan dari laporan badan antidoping dunia (WADA), mantan pebalap Moto2 itu terdeteksi menggunakan obat terlarang yang masuk dalam daftar FIM. Hal itu diketahui dari air seni West saat dilakukan pengecekan.

West akhirnya dilarang untuk berpartisipasi dalam kegiatan balap untuk sementara waktu. Belum diketahui berapa lama FIM akan membekukan Anthony West dari dunia balap. Hanya saja, berdasarkan pasal 7.9.3.2 CAD, Anthony West bisa meminta pencabutan penangguhan sementara.

Baca Juga
FIM Bekukan Karier Balap Anthony West
5 Mantan Pebalap MotoGP dengan Poin Terbanyak

Text : Suhartono | Photo / Video : ARRC | Editor: Andi Wahyudi | 10 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company