image

MotoGP Thailand, Kritikan Rossi Berbuah Manis

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 10 October 2018

Debut MotoGP Thailand 2018 sajikan ketegangan

Sebanyak 23 pebalap ikut ambil bagian di MotoGP Thailand. Sirkuit Chang menjadi serba baru bagi mereka dan juga para tim yang turun. Tak ada data yang bisa menjadi acuan mereka untuk melakukan adaptasi cepat dengan trek sepanjang 4,6 kilometer ini.

Modal para pebalap dan tim memang hanya berdasarkan dari hadil tes pramusim MotoGP 2018 di Sirkuit Chang pada bulan Februari. Saat itu Dani Pedrosa menjadi pebalap dengan catatan waktu terbaik. Pebalap Repsol Honda itu kemas waktu 1menit 29.781detik yang didapatkannya di hari ketiga tes pramusim. Namun hasil test pramusim memang tak menjamin pebalap tersebut bisa tetap tampil prima saat balapan resmi.

Untuk alasan itu pula, pebalap dan tim sudah mulai tampil all out sejak sesi latihan bebas di hari Jumat (5/10). Hingga tiba di babak kualifikasi. Marc Marquez berhasil menjadi yang tercepat dan meraih posisi pole. Sedangkan Pedrosa justru hanya bisa bertengger di grid 7.

Pada babak final MotoGP Thailand, Minggu (7/10), bukan hanya Marquez yang menjadi pemain utama dalam perebutan gelar juara. Juga ada Valentino Rossi (Movistar Yamaha) di grid kedua dan Andrea Dovizioso (Ducati) di grid ketiga serta Maverick Vinales -rekan setim Rossi- di grid keempat.

Sebanyak 23 pebalap harus melahap sebanyak 26 lap untuk bisa menangi balapan. Marquez yang meraih holeshoot lepas kendali. Meski memimpin balapan, namun Marquez terus mendapat tekanan dari Rossi dan juga Dovizioso. Di lap 4, Marquez kehilangan posisi terdepan setelah disalip Rossi.

Balapan berlangsung semakin sengit. Di sisa 21 lap, Dovizioso melakukan serangan. Di mana pebalap asal Italia itu sanggup overtake Marquez. Beruntung, Rossi masih bisa memimpin balapan. Pada lap 11, tiba saatnya Rossi mulai turun performanya. Hingga akhirnya Dovizioso menyalip Rossi dengan mulus. Sialnya, Rossi juga disalip Marquez sehingga dia turun di posisi 3.

Sial terus dialami Rossi. Di sisa 7 lap, Vinales mengubur mimpi Rossi untuk menempati podium 3. Vinales berhasil asapi Rossi dan menempati urutan 3. Rossi pun harus turun satu peringkat ke posisi 4 dan bertahan hingga bendera finish dikibarkan.

Sementara itu, balapan terus memberikan momen menarik untuk para penonton. Perebutan posisi terdepan semakin intens antara Marquez dan Dovizioso. Keduanya saling salip dan tak mau kalah demi bisa mencetak sejarah untuk menjadi pebalap pertama yang juara di MotoGP Thailand.

Di sisa 4 lap, Marquez salip Dovizioso. Tapi Dovizioso langsung ambil alih Marquez yang melebar sehingga posisinya masih aman di depan. Di sisa 3 lap, Marquez kembali menyalip Dovizioso. Sayangnya, Marquez kembali melebar di tikungan berikutnya sehingga Dovizioso kembali lagi kedepan.

Hingga lap terakhir keduanya masih saja mempertontonkan ketegangan di dalam sirkuit. Marquez sudah memimpin balapan diikuti Dovizioso, dan Vinales. Di tikungan terakhir lap penutup, Dovizioso sempat menyalip Marquez. Sayangnya, Marquez tak begitu saja rela melepaskan kemenangan perdananya di Sirkuit Chang. Marquez masih berhasil antisipasi serangan akhir Dovizioso. Ketegangan penonton berakhir setelah Marquez menyentuh garis finish terdepan.

Baca Juga
Bukan Cuma MotoGP, Berikut 7 Event Balap Motor di Bawah Dorna

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 10 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company