image

MotoGP Thailand, Kritikan Rossi Berbuah Manis

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 10 October 2018

Yamaha bikin kejutan, Rossi dan Vinales bingung

Yamaha seakan hilang kendali di gelaran MotoGP 2018. Banyak kekalahan yang dialami pebalap tim berlambang Garpu Tala ini. Masuk zona merah memang layak disematkan kepada Yamaha yang hingga kini juga belum meraih satu pun kemenangan lewat pebalap andalan mereka Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Dua pebalap utama Yamaha yang menjadi andalan tak bisa berbuat banyak. Alih-alih bisa menangi balapan, mampu finish di podium juara saja kini menjadi hal sulit diwujudkan. Yamaha terus menorehkan rekor terburuk sepanjang keikutsertaannya di ajang Grand Prix (GP).

Yamaha mengalami kekalahan terlama di MotoGP setelah melewati 24 balapan. Kemenangan terakhir Yamaha diraih oleh Rossi di MotoGP Belanda di Sirkuit Assen pada musim 2017 lalu. Akan tetapi, hingga kini baik Rossi maupun Vinales juga belum bisa menangi balapan lagi. Sulit diprediksi kapan Yamaha bisa bangkit dari keterpurukannya ini.

Terlepas dari itu, MotoGP Thailand sekan menjadi hari kebangkitan Yamaha. Meski belum bisa mendapatkan kemenangan, namun penampilan Rossi dan Vinales mampu menjadi pengobat rindu untuk para fans Yamaha yang sudah terlalu lama menunggu gebrakan.

Meski sebelumnya Rossi bilang jika di atas kertas Sirkuit Chang tak cocok dengan karekter Yamaha M1, namun hal itu seakan tak terbukti. Nyatanya, sejak babak latihan bebas Rossi dan Vinales justru tampil mendominasi di setiap free practice (FP). Bahkan di FP1, Rossi dan Vinales menjadi yang tercepat.

Sesi kualifikasi pun membantah ungkapan Rossi. Hasilnya, Rossi bisa menduduki grid kedua diikuti Vinales di peringkat 4. Muncul harapan bagi Yamaha untuk mengakhiri paceklik. Meski sulit karena ada Marquez dan Dovizioso yang sejak seri pembuka MotoGP selalu bergantian menangi balapan.

Hingga balapan usai di lap 26, Vinales berhasil menaiki panggung podium di peringkat 3. Sedangkan Rossi di peringkat 4. Hasil yang berada di luar prediksi bagi Rossi dan Vinales. Bahkan keduanya usai balapan pun masih belum tahu secara pasti apa yang menyebabkan performa Yamaha M1 bisa secara tiba-tiba bersahabat dengan mereka di Sirkuit Chang.

Modifikasi kecil yang dilakukan Yamaha masih akan dibuktikan lagi oleh Rossi dan Vianales di seri berikutnya di Sirkuit Motegi, Jepang, 20-21 mendatang. Apakah hasil di Thailand hanya secara kebetulan atau memang karena ada langkah perbaikan yang sudah membaik untuk Yamaha M1.

Baca Juga
Pebalap MotoGP Raja Sosmed Sampai Yang Paling Hobi Ngevlog

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 10 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company