image Thibaut Pinot juara Milano-Torino 2018 (Foto: Milanotorino) Thibaut Pinot (Foto: Milanotorino) Thibaut Pinot (tengah) bersama Miguel Angel Lopez (Astana) (kiri) dan juara dunia 2018 Alejandro Valverde (Movistar) di atas podium (Foto: Milanotorino)

Thibaut Pinot Juara Milano-Torino 2018

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Milanotorino | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Cyclingweekly | 11 October 2018

uploads/news/2018/10/pinot-juara-milano-torino-2370111c0e3c357.jpg

Pinot Juara Milano-Torino

milano-torino-2018-94738b86d3c6e94
milano-torino-2018-333590a64a65354
milano-torino-2018-84761bcc28621b7
SPORTKU.COM

Thibaut Pinot finish dengan solo untuk memenangkan Milano-Torino.

Sementara rekan setimnya, David Gaudu menjatuhkan Miguel Angel Lopez dalam sebuah kecelakaan pada pendakian terakhir.

Groupama-FDJ menemukan diri mereka dalam posisi yang dominan di kilometer terakhir, dengan Pinot dan David Gaudu yang menjadi grup terakhir dari empat pebalap.

Namun, ketika Gaudu melepaskan diri dengan melaju dalam kecepatan tinggi di kilometer terakhir, dia bertabrakan dengan pebalap Astana Lopez yang melaju dari belakang. Gaudu dan Lopez pun terjatuh, menjadikan Pinot yang naik dengan bebas hingga ke finish.

Jalannya Balapan

Rute edisi ke-99 Milano-Torino membentang hingga 200km dari dataran yang paling datar, melalui Italia utara. Selain beberapa lintasan bergelombang diantara 80 dan 140km, profil lintasan kali ini kebanyakan mendatar hingga dua tanjakan akhir yang mengerikan di 30km terakhir. Race kali ini pun berakhir di puncak gunung untuk kedua kalinya.

Dengan adanya dua pendakian terakhir dari pendakian Superga, yang sepanjang 4,9km dan kecuraman rata-rata 9,1% dan maksimum 14% - hal itu menjadi tantangan besar untuk para pendaki.

Juara tahun lalu, Rigoberto Uran (EF Education First-Drapac), absen dari balapan, bersama dengan rekan setimnya Michael Woods, karena beristirahat untuk Il Lombardia pada hari Sabtu mendatang.

Pada separuh jalan pada hari itu, empat pebalap - Thomas De Gendt (Lotto-Soudal), Umberto Orsini (Bardiani-CSF), Krists Neilands (Israel Cycling Academy) telah menciptakan celah jarak hingga enam menit sekaligus memimpin race.

Tim Groupama-FDJ dan Mitchelton-Scott kemudian melakukan pengejaran, untuk membawa pemimpin timnya masing-masing, Thibaut Pinot dan Adam Yates. Celah jarak tertutup pada pelarian ke pendakian pertama, 24km dari finish.

Valverde berusaha memisahkan diri dari peloton pada 21km melalaui sisi kiri. Pendaki terkuat pun naik ke depan ketika Valverde menyerang lagi di dekat puncak. Pinot dan rekan satu timnya, David Gaudu dan Rafal Majka (Bora-Hansgrohe) terus melaju.

Baca juga:
SEMPAT GROGI, SRI SUGIYANTI SUMBANG DUA MEDALI UNTUK INDONESIA

Baca juga:
Video: FDR GANDENG KOMUNITAS GELAR BAKSOS PEDULI GEMPA LOMBOK

Di belakang mereka, peloton itu terpecah dan Kelompok terdepan digulung kembali di turunan oleh kelompok besar pebalap favorit.

Trio, yang terdiri dari Gaudu, Jakob Fuglsang (Astana) dan Daniel Martinez (EF Education First-Drapac), memacu kecepatannya di bagian mendatar  sebelum tanjakan dan segera menuju ke pendakian terakhir.

Adam Yates masuk ke grup itu dengan mudah dan diikuti oleh Pinot dan membentuk kelompok yang berisi lima orang di barisan depan. Valverde kemudian kembali beraksi dan bergabung dengan kelompok terdepan dari peloton.

Gaudu mengatur kecepatan pada 3km terakhir. Dia mengalahkan semua pebalap, kecuali Pinot, Valverde, Miguel Angel Lopez (Astana) dan Fuglsang.

Sebuah kecelakaan pada 1 km terakhir menyebabkan kekacauan, ketika Gaudu bergerak melintasi jalan untuk melaju dan bertabrakan dengan Lopez yang bergerak ke samping.

Pinot tidak terpengaruh oleh insiden itu dan terus melaju, sementara Lopez mengejarnya di belakang.

Valverde sendiri mulai kehilangan kontak sebelum kecelakaan itu dan “ditangkap” oleh Lopez sebelum akhirnya ditinggalkan.

Pebalap asal Kolombia itu pun mendapatkan Pinot dengan cepat. Tetapi dia tidak mampu menutup jarak.

Hasil Milano-Torino 2018 (200km)
1. Thibaut Pinot (FRA) Groupama-FDJ, 4:43:36
2. Miguel Angel Lopez (COL) Astana +10 detik
3. Alejandro Valverde (ESP) Movistar +28 detik

Thibaut Pinot (Foto: Milanotorino)
milano-torino-2018-333590a64a65354.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Milanotorino | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Cyclingweekly | 11 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company