image

WSBK Argentina Membawa Pertarungan Baru

Text : Suhartono | Photo / Video : WSBK | Editor: Andi Wahyudi | 11 October 2018

SPORTKU.COM

Menuju tempat yang belum diketahui sebelumnya, World Superbike (WSBK) mempersiapkan diri untuk mengambil alih Sirkuit Villicum.

Argentina akan menjadi tuan rumah WSBK untuk pertama kalinya pada akhir pekan ini, 13-14 Oktober. Meskipun gelar Juara Dunia WSBK 2018 telah diklaim oleh Jonathan Rea di Prancis, namun ada banyak lagi yang akan menjadi keputusan penting para pebalap di trek.

Sebuah trek baru akan membawa pertarungan baru, dengan Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team) masih berpotensi untuk memecahkan lebih banyak rekor kemenangan. Di mana Rea dalam 4 seri (8 race) sama sekali belum terkalahkan. Pertempuran dalam perebutan gelar runner up juga terus memanas.

Meski telah menjadi Juara Dunia WSBK 2018, namun tak ada alasan bagi Rea untuk menurunkan performanya di Argentina. Tentu saja, pebalap asal Irlandia Utara itu akan melanjutkan kecepatan sensasionalnya di ZX-10RR. Pebalap terakhir yang bisa menangi balapan di sirkuit baru juga ditorehkan Rea pada tahun 2015 di Sirkuit Chang, Buriram, Thailand. Jadi tidak ada keraguan baginya untuk terus mencatat sejarah.

Masih dalam kondisi cedera, Chaz Davies (Aruba.it Racing Ducati) melakukan pertunjukan sensasional untuk naik podium juara terakhir kali di WSBK Prancis. Mengalahkan rasa sakitnya, Davies mengamankan podium kedua pada Race 2. Dengan lebih banyak waktu untuk beristirahat sebelum menuju Argentina, pebalap Inggris itu sekali lagi akan mengalihkan perhatiannya untuk terus mempertahankan posisi runner up di klasemen. Jika Davies mengambil podium, dia akan mengamankan raihan ke-888 bagi Ducati di WSBK. Atau raihan tersebut akan diberikan Marco Melandri, rekan setim Davies yang mengambil tonggak itu.

Michael van der Mark juga patut diwaspadai oleh Davies. Karena pebalap Pata Yamaha asal Belanda itu adalah orang yang berharap untuk menghentikan Davies mengambil posisi runner up di klasemen akhir WSBk 2018. Tertinggal 26 poin dari Davies, dengan 4 balapan tersisa untuk memperebutkan 100 poin, Van der Mark masih mengincar kemenangan lain di WSBK 2018 ini. Mengambil empat podium dari lima balapan terakhir, Van der Mark bersiap-siap untuk bertarung kuat di Argentina. Sudah lima bulan sejak double podium perdananya di WSBK Inggris, Van der Mark terus memberikan tekanan tinggi terhadap para lawan mainnya.

Baca Juga
MotoGP Thailand, Kritikan Rossi Berbuah Manis

Terus berjuang dengan masalah grip ban belakang, Eugene Laverty dan tim Milwaukee Aprilia, mereka akan berharap untuk mengakhiri musim ini dengan torehan prestasi. Meskipun beberapa kali putaran tampil kuat di Superpole, Laverty dan timnya yang berbasis di Inggris masih mencari solusi di seluruh balapan.

Salah satu dari beberapa pebalap yang pernah balapan di Argentina sebelumnya -di Autodromo Termas de Rio Hondo- dan memenangkan balapan pertama di Istanbul Park pada tahun 2013, pemain asal Irlandia ini juga memiliki sejarah yang baik di trek baru dan berharap akan menjadi lima pebalap teratas di Sirkuit Villicum.

Leon Camier (Red Bull Honda Team) juga masih terus berjuang dengan CBR1000RR Fireblade SP2 miliknya, setelah putaran yang sulit di Prancis. Camier hanya bisa finish ke-11 dan ke-9 di Sirkuit Magny-Cours, Prancis. Pebalap Inggris itu berharap bisa menemukan kecepatan yang ia miliki saat tes di Thailand atau baru-baru ini di Portimao. Menuju ke wilayah yang sama sekali tidak diketahui dan belum ada data dari Argentina, bukan halangan untuk skuad Red Bull dengan rekan setimnya Jake Gagne untuk terus belajar.

Masih segar dalam ingatan, Loris Baz tampil cukup sulit saat balapan kandang di WSBK Prancis. Dia hanya membawa pulang podium 10 dari masing-masing race yang dijalaninya. Baz berharap untuk bisa melakukan berbagai upaya perbaikan di Argentina.

WSBK Argentina juga akan melihat tiga wajah baru di grid. Adalah Maximilian Scheib melangkah sebagai pengganti Jordi Torres di MV Agusta Reparto Corse. Juga Gabriele Ruiu mengambil kursi Tim Pedercini Racing Kawasaki di tempat Yonny Hernandez. Selain itu juga ada Florian Marino yang digandeng Triple M Honda di tempat PJ Jacobsen.

Scheib adalah pemenang lomba dari European Superstock 1000 Championship yang akan menjadi runner up di musim ini. Scheib akan berlomba di benua rumahnya, pasalnya dia sendiri berasal dari Chili di Amerika Selatan. Sementara Ruiu yang baru berusia 18 tahun telah tampil mengesankan di STK1000 dengan raihan 8 besar di musim ini. Frenchman Marino juga akan membawa seluruh pengalaman balapnya di STK1000.

Baca Juga
Bukan Cuma MotoGP, Berikut 7 Event Balap Motor di Bawah Dorna
Pebalap MotoGP Raja Sosmed Sampai Yang Paling Hobi Ngevlog

Text : Suhartono | Photo / Video : WSBK | Editor: Andi Wahyudi | 11 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company