Mohamed Salah Yang Sedang Bermasalah

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 11 October 2018

SPORTKU.COM

Memasuki musim 2018/2019 performa Mohamed Salah mendapat sorotan tajam karena mengalami penurunan yang cukup drastis. 

Tampil sensasional di musim perdana bersama Liverpool, kini Salah seperti pemain yang berbeda jika dilihat dari statistik golnya. Bayangkan dari 11 penampilan musim ini, pemain berpaspor Mesir tersebut baru membuat tiga gol saja. 

Catatan itu sangat jomplang dibandingkan musim lalu yang sukses mengemas 44 gol dan 16 assist dari 56 penampilan bersama The Reds. Dalam beberapa pertandingan yang dijalani, Salah juga terlihat sangat berbeda, dari gestur tubuhnya ia seperti memendam sebuah masalah.

Bahkan, saat bertemu Paris Saint-Germain (PSG) di Liga Champions beberapa waktu lalu, Salah terlihat tidak suka ketika diganti oleh Roberto Firmino. Puncaknya, dia justru membanting botol minum alih-alih melakukan selebrasi ketika Firmino sukses mencetak gol kemenangan Liverpool. 

Meski hal tersebut mendapat pembelaan dari mantan pemain Liverpool, John Arne Riise dan mantan bek Manchester United, Rio Ferdinand.

“Saya pikir itulah caranya mengekspresikan diri untuk merayakan sebuah gol,” kata Riise dilansir BT Sport. 

“Ya saya setuju Salah melakukan itu untuk merayakan dengan caranya sendiri,” timpal Ferdinand yang kala itu bersama Riise. 

Sebelum musim bergulir memang banyak hal menimpa Salah. Salah satunya cedera bahu yang didapat di final Liga Champions melawan Real Madrid, Mei lalu. Saat itu, dirinya mengalami dislokasi bahu usai berbenturan dengan Sergio Ramos.

Ketajaman Salah di lini depan menurun drastis dibanding musim lalu

mohamed-salah-7678838c6e38409.jpg

“Mohamed Salah bukanlah pemain yang sama usai mengalami cedera akibat Ramos,” ungkap mantan pemain Arsenal, Martin Keown. 

“Setelah cedera itu, dia seperti takut, terbukti saat menghadapi PSG dirinya kehilangan penguasaan bola sebanyak 21 kali. Dia seperti trauma,” lanjut Keown. 

Kemudian, di Piala Dunia 2018, mantan pemain Basel tersebut juga mendapat masalah ketika membela timnas Mesir. Penyebabnya tak lain konflik dirinya dengan Federasi Sepak Bola Mesir (EFA), yang mengundang Presiden Chechnya, Ramzan Kadyrov ke kamp latihan Mesir.

Kala itu, Salah disebut sebagai alat propaganda politik Kadyrov. Kemudian, Salah juga tidak menyukai peraturan ketat yang dibuat EFA selama pemusatan latihan. Salah sempat dua kali dilarang mengunjungi restoran untuk makan, sesuatu yang sempat membuatnya berpikir pensiun dini.

Sepertinya, masalah-masalah yang menghinggapi Salah terbawa sampai sekarang. Meski, banyak yang membela penurunan performa Salah.

“Saya sama sekali tidak khawatir, kenapa harus seperti itu? Saya sudah berbicara dengannya, saya tidak melihat ada masalah pada dirinya. Dia 100 persen baik-baik saja,” jelas Klopp dikutip The Guardian.

Pembelaan serupa juga datang dari legenda The Reds, Kevin Keegan. “Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari Salah. Dia bisa menjadi bagian kesuksesan Liverpool, sama seperti Kenny Dalglish dan saya tentunya,” bela Keegan dinukil Liverpool Echo. 

Untuk saat ini, terlalu prematur memang jika menghakimi Salah hanya dari jumlah golnya, ditambah kompetisi masih sangat panjang. Setiap pesepakbola tentunya memiliki tren positif dan negatif, dan tentu saja Salah diharapkan penggemar Liverpool di seluruh dunia bisa mengembalikan ketajamannya seperti semula. 

Atau seandainya masalah yang ada membuat Salah frustasi, dia bisa memanfaatkan jeda kompetisi ini untuk mengisi ulang baterai dengan pergi berlibur untuk menjauh dari hingar bingar sepak bola. 

Wajah murung Salah terlihat jelas di beberapa pertandingan bersama Liverpool

mohamed-salah-1861370bdb59ffb.jpg

Baca Juga:
Masa Depan Cerah Timnas Indonesia U-16

Baca Juga:
Lima Pembelian Terbaik Juventus di Era Beppe Marotta

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 11 October 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Penyakit Timnas U-19 Makin Kronis

Penyakit Timnas U-19 Makin Kronis

FOOTBALL
Asisten Pelatih Chelsea Dihukum FA

Asisten Pelatih Chelsea Dihukum FA

FOOTBALL
Icardi Menyesal Tidak Melawan Messi

Icardi Menyesal Tidak Melawan Messi

FOOTBALL
Ajax Amsterdam Perpanjang Kontrak Dolberg

Ajax Amsterdam Perpanjang Kontrak Dolberg

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company