image Eko Saputra atlet para atletik andalan Indonesia Eko Saputra atlet para atletik andalan Indonesia Eko Saputra atlet para atletik andalan Indonesia Eko Saputra atlet para atletik andalan Indonesia Eko Saputra atlet para atletik andalan Indonesia

Eko Saputra, Peraih Perak di Cabor Para Atletik Terinspirasi The Flash

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Muhamad Dahroji | Editor: Andi Wahyudi | 12 October 2018

uploads/news/2018/10/peraih-perak-itu-terinspirasi-6345540cc1bf73c.jpg

Peraih Perak itu Terinspirasi Flash

eko-para-atletik-97771e27f671dc6
eko-para-atletik-883042ef6285aaa
eko-para-atletik-2746337c31739a5
eko-para-atletik-294741c1c103c1a
eko-para-atletik-99634715d32d745
SPORTKU.COM

Atlet para atletik Indonesia, Eko Saputra mengaku terinspirasi dengan karakter superhero The Flash yang memiliki kemampuan super berupa kecepatan.

Atlet para atletik Indonesia, Eko Saputra sukses mengharumkan Indonesia di ajang Asian Para Games 2018. Atlet berusia 21 tahun itu—sejauh ini—telah memenangkan dua medali di ajang olahraga terbesar di Asia untuk kaum difabel itu.

Pria yang akrab disebut Saputra itu mampu menyumbangkan satu medali perak dan satu medali perunggu. Medali perak ia raih ketika memenangkan lomba di nomor 200 meter putra T12, sementara medali perunggu berhasil ia dapatkan ketika berlomba di nomor 400 meter putra T12.

Menurut Saputra, raihan tersebut di atas target yang diberikan kepadanya karena dirinya hanya dibebankan untuk bisa memenangkan satu medali perunggu.

“Sebenarnya pertama masuk target perunggu satu. Tapi 200 dapet perak, 400 dapet perak jadi melebihi target, jadi Alhamdulilah,” kata Saputra saat ditemui tim SPORTKU di Stadion Utama Gelora Bunga Karno, Kamis (12/10).

Saputra sendiri mengaku bahwa rahasia kesuksesannya bisa meraih medali di ajang Asian Para Games perdananya itu lantaran dirinya memilki keyakinan yang besar untuk bisa meraih kesuksesan.

“Kita sendiri punya batas, tapi sekali-sekali keluar dari zona tersebut, yang pasti apapun yang kita ingin raih pasti akan kita dapatkan, meski diri kita berkata ‘gak mungkin, gak mungkin, tapi dengan kita yakin, kita percaya, insya Allah semua terwujud,” ungkapnya.

Putra pasangan Erwadi dan Zariyah itu mengatakan bahwa hal yang membuat dirinya ingin menjadi atlet para atletik lantaran dirinya terinspirasi dari karakter superhero The Flash yang dikenal memiliki kemampuan kecepatan super.

Eko Saputra atlet para atletik andalan Indonesia
eko-para-atletik-294741c1c103c1a.jpg

Baca juga
Zainal Aripin Sesali Kegagalannya di Asian Para Games 2018

“Pertama kali kenal atletik itu karena film Flash jaman dulu. Jadi dia aja larinya cepet, masa saya gak bisa. Karena dia superhero terfavorit yah jadi ingin seperti dia,” ujar Saputra.

“Meskipun saya gak bisa lihat kayak orang normal, tapi saya pengen saya dihargai di masyarakat dengan olahraga. Kenapa orang seperti saya gak bisa berusaha? Begitu,” sambungnya.

Saputra yang kehilangan penglihatannya normalnya itu sejak SD mengatakan bahwa dunia atletik juga yang telah meneguhkan hatinya untuk menjadi senjata untuk berprestasi dan membahagiakan orang tuanya.

“Dulu ada lomba antar SD saya juara dua. Itu pun medalinya yah bohong-bohongan. Tapi itu yang membuat saya bangkit, karena dulu saya kecelakaan pas kelas lima SD jadi perlombaannya berselang lima bulan setelah kecelakaan, “ kata Saputra

“Kalau misalnya saya dulu dikucilkan karena keterbatasan, dan orang tua saya orang bawah. Saya rasa kenapa keterbatasan ini gak bisa membanggakan orang tua. Jadi ini menjadi motivasi saya ‘saya bisa bangkit, saya bisa bangkit’.” Sambungnya.

Ketika ditanya soal bonus dari Asian Para Games, Saputra mengaku belum memikirkan soal pemberian bonus. Namun, ia sudah bernazar akan memberangkatkan kedua orangtuanya untuk menunaikan ibadah haji.

“Kalau masalah bonus saya gak pernah memikirkan yah. Tapi kalau mau dipake apa. Saya ingin menghajikan atau mengumrohkan orang tua dulu lah karena itu nazar saya. Sisanya ditabung buat masa depan,” kata Saputra.

“Saya juga ingin buat usaha. Saya ingin buat kafe anak muda supaya bisa menyatukan, supaya juga bisa mengenalkan difabel,” sambungnya.

Eko Saputra atlet para atletik andalan Indonesia
eko-para-atletik-97771e27f671dc6.jpg


Baca juga

Mohamed Salah Yang Sedang Bermasalah

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Muhamad Dahroji | Editor: Andi Wahyudi | 12 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Terbentuk Dadakan, Indonesia Raih Perunggu

Terbentuk Dadakan, Indonesia Raih Perunggu

ATHLETIC
Rahasia jadi Pendamping Atlet Sukses

Rahasia jadi Pendamping Atlet Sukses

ATHLETIC
Lawan Cedera, Pradana Raih Perak

Lawan Cedera, Pradana Raih Perak

ATHLETIC
Jaenal Aripin Sesali Kegagalannya

Jaenal Aripin Sesali Kegagalannya

ATHLETIC

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company