image

Pembuktian Paco Alcacer di Borrusia Dortmund

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Ghanasoccernet | Editor: Andi Wahyudi | 12 October 2018

SPORTKU.COM

Bagi Paco Alcacer, kepindahannya dari Barcelona ke Borrusia Dortmund adalah sebuah keputusan yang berbuah berkah, mengapa?

Bermain bagi klub sebesar Barcelona adalah impian banyak pesepak bola yang tak hanya berasal dari Spanyol, tetapi juga dari seluruh dunia. Termasuk juga bagi seorang pesepak bola bernama Paco Alcacer.

“Bergabung dengan Barca adalah langkah maju dalam karir saya. Ketika kesempatan untuk bermain untuk Barca datang, itu adalah kesempatan yang anda tidak bisa menolak,” kata Alcacer saat perkenalan diri sebagai pemain baru Barcelona pada tahun 2016 silam.

Keputusan Alcacer pindah dari klub sebelumnya, Valencia merupakan keputusan yang disayangkan oleh banyak pihak, terutama penggemar klub tersebut lantaran pemain yang berstatus sebagai penyerang itu tengah dalam performa yang luar biasa bersama klub yang berkandang di Mestalla Stadium.

Bersama Valencia, Alcacer sukses mencetak 15 gol dan mampu membuat assist sebanyak delapan dari 46 pertandingan di semua kompetisi di musim 2015/2016. Raihan tersebut merupakan yang terbaik sejak mengawali karir profesional pada musim 2009/2010 silam.

Meski memiliki statistik gemilang, Alcacer sadar, sejak hari pertama kedatangannya ke Barcelona ia harus bersiap untuk bersaing secara ketat dengan striker kelas wahid dunia yang terlebih dahulu berada di klub tersebut untuk mendapatkan tempat utama.

Naas, Alcacer justru gagal bersaing. Di musim perdananya berseragam Blaurana ia hanya tampil sebanyak 28 pertandingan dengan total menit bermain selama 1385 menit. Musim berikutnya lebih parah, alih-alih kepergian Neymar membuat dirinya menjadi pilihan utama, yang ada pemain berusia 25 tahun itu justru menasbihkan diri sebagai penghuni tetap bangku cadangan Barcelona dengan catatan hanya 23 kali tampil.

Tak ingin berada dalam kubangan kegagalan, Alcacer melawan takdirnya dengan memutuskan menerima pinangan klub asal Jerman, Borrusia Dortmund di awal musim 2018/2019. Meski statusnya hanya sebagai pemain pinjaman, dirinya tetap memilih untuk berpaling dari klub yang menjadikan dirinya sekedar pemain figuran dalam dua musim terakhir.

Baca juga
Mahmoud Zohud Bawa Pulang Oleh-Oleh Dari Jakarta Untuk Warga Palestina

Tak butuh waktu lama bagi Alcacer untuk membuktikan pilihannya untuk pergi adalah sebuah keputusan tepat. Bermain di Bundesliga, pemain yang mendapatkan nomor punggung 9 di Dortmund itu sukses beradaptasi dengan cepat.

Tak tanggung-tanggung, pemain yang memiliki tinggi badan 176 cm itu keluar sebagai pemain paling subur di Bundesliga dengan mencetak enam gol dalam tiga pertandingan. Bila di total, ia sudah menceplokkan tujuh gol di semua kompetisi yang dijalani oleh Dortmund di musim ini.

Dilansir dari penyedia statistik sepak bola, Opta. Alcacer menjadi orang pertama sejak tahun 1963 yang mampu mencetak enam gol di tiga laga perdana Bundesliga.

Kerja kerasnya bersama Dortmund pun langsung diganjar berupa keputusan Dortmund untuk mempermanenkan dirinya meski klub asal Bundeliga itu harus membayar biaya sebesar 23 juta euro atau sekitar Rp406 miliar.

Alcacer sendiri nampaknya telah mengirim sinyal bahwa dirinya memilih untuk bertahan di Dortmund ketimbang kembali ke Barcelona.

"Saya memutuskan pergi dari Barcelona untuk mencari waktu tampil dan menikmati sepak bola. Sampai sekarang saya senang dengan keputusan ini," kata Alcacer, dikutip Football Espana.

"Di Barcelona, sangat sulit untuk memiliki menit bermain karena bersaing dengan pemain seperti Lionel Messi, Luis Suarez, dan Philippe Coutinho," sambungnya.

Baca juga
M. Fadli Immamuddin Akhirnya Raih Emas untuk Indonesia

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Ghanasoccernet | Editor: Andi Wahyudi | 12 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company