image Andi Gilang (27) saat bersaing dengan Yudhistira Yudhistira harus puas finish ke-3 di Race 1 ARRC Sentul 2018 Kelas Supersport 600

Yudhistira Kecolongan di Lap Penutup ARRC Sentul 2018

Text : Suhartono | Photo / Video : Pariyono | 14 October 2018

uploads/news/2018/10/yudhistira-kecolongan-di-arrc-153244ef7ce6285.JPG

Yudhistira Kecolongan di ARRC Sentul

arrc-seri-5-29351f487e9e2df
arrc-seri-5-97356646a9f556e
SPORTKU.COM

Ahmad Yudhistira harus mengakui keunggulan lawannya di Race 1 ARRC Sentul 2018.

Yudhistira masih harus menunda kemenangannya di Seri 5 ARRC 2018 yang berlangsung di Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat pada akhir pekan ini, 13-14 Oktober. Menjalani Race 1 pada Sabtu (13/10), Yudhistira masih harus menelan kecewa lantaran gagal menangi balapan.

Meski berhasil memimpin balapan hingga lap ke-15, namun pebalap andalan Manual Tech KYT Kawasaki Racing Team ini terpaksa harus finish di podium kedua. Yudhistira kalah tipis dengan selisih waktu hanya 0.029detik dari Andi Gilang, pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) yang finish terdepan.

"Saat balapan saya memang punya strategi buat kabur selepas start dan bisa sampai 15 lap. Cuma saya selalu cek kondisi di belakang dan Andi Gilang ternyata juga kuat di Sirkuit Sentul ini karena dia banyak melakukan uji coba sebelum race di sini," buka Yudhistira.

"Jadi saya coba pertahankan posisi satu sampai lap ke-15, tapi Angi Gilang coba memaksa overtaking saya satu kali dan saya overtaking balik di street saat mau masuk tikungan R1. Di lap terakhir saya mencoba untuk mempertahankan posisi saya dan saya mencoba memaksimalkan limit setiap masuk dan keluar tikungan."

Baca Juga
Mantan Pebalap Moto2 Kritik Sirkuit Sentul

Sepanjang balapan yang berlangsung selama 16 lap tersebut, Yudhistira dan Andi Gilang terus memberikan perlawanan satu sama lain. Yudhitira pun harus kalah dari Andi Gilang di detik-detik akhir menjelang garis finish. Meski mendominasi hingga 15 lap, namun di lap penutup dia kecolongan.

"Sampai masuk di tikungan ke-10 pada lap terakhir, ban depan saya mulai mengalami masalah. Akhirnya Andi Gilang memanfaatkan celah itu dan masuk untuk overtaking," sambung Yudhistira yang turun di Kelas Supersport 600cc (SS600) saat berbincang dengan SPORTKU.com.

"Saya mencoba lagi overtaking Andi Gilang saat keluar tikungan ke-10 saat masuk ke tikungan 11, saya coba push Andi Gilang tapi dia tahu kondisi dan situasi serta racing line di Sirkuit Sentul. Dia tetap berada di dalam racing line untuk mempertahankan posisi terdepan. Setelah itu keluar di tikungan terakhir saya mencoba manfaatin Andi Gilang yang ban belakangnya mengalami spinning, tapi belum bisa overtaking di garis finish."

"Strategi Race 2 saya mencoba lagi selepas start untuk kabur ke depan buat gap sebanyak mungkin. Kalau misalnya terjadi hal yang sama seperti Race 1 saya akan mencoba untuk fight dan mencoba menangi Race 2. Kalau performa mesin sudah 100 persen dari setting suspensi juga sudah 100 persen. Mungkin hanya race strategy yang harus dievaluasi untuk Race 2," pungkas Yudhistira.

Baca Juga
Libur Balap, Hafizh Syahrin ke Jakarta Launching All New Yamaha R25
Kecelakaan Tragis Fadli di ARRC Sentul Membawanya ke Dunia Balap Sepeda

Text : Suhartono | Photo / Video : Pariyono | 14 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company