image

Debut WSBK Argentina, Negara ke-24 di Kalender

Text : Suhartono | Photo / Video : WSBK | 14 October 2018

SPORTKU.COM

Seri 12 World Superbike (WSBK) 2018 akan berlangsung pada akhir pekan ini, 13-14 Oktober.

Para pebalap WSBK mempersiapkan diri menuju Argentina untuk melanjutkan aksinya. Argentina memang baru masuk ke dalam kalender WSBK. Di mana balapan akan dihelat di Circuito San Juan Villicum atau lebih dikenal dengan sebutan Sirkuit Villicum.

Sirkuit Villicum bakal memberikan tantangan berat bagi para pebalap. Trek didesain oleh arsitek asal Argentina, Leonardo Stella. Dengan panjang keseluruhan trek mencapai 4,266 kilometer. Menawarkan 19 tikungan, 11 ke kiri dan 8 ke kanan serta trek lurus terpanjangnya 1.039meter.

Untuk menuju sirkuit, bisa ditempuh dari Bandara Internasional San Juan (Domingo Faustino Sarmiento). Sirkuit terletak 34 kilometer di utara dari bandara. Juga bisa dari Bandara Internasional Mendoza (Gobernador Francisco Gabrielli). Sirkuit terletak 183 kilometer sebelah utara dari bandara.

Semuanya memang serba baru. Untuk alasan itu, balapan akan menampilkan beberapa kejutan dari para pebalap. Tentunya pula, sulit memprediksi siapa yang bisa menaklukkan sirkuit di dua race yang dilangsungkan nanti. Pasalnya, baik pebalap maupun tim juga belum punya data akurat sebagai modal balapan mereka di akhir pekan ini.

Beragam tantangan menanti para pebalap, termasuk sang juara bertahan Jonathan Rea. Meski sudah menyegel gelar Juara Dunia WSBK 2018, namun tentunya pebalap Kawasaki Racing Team (KRT) itu ingin memberikan penampilan terbaiknya. Apalagi ini balapan perdana WSBK di Argentina.

Baca Juga
Kritikan Rossi Berbuah Manis

Namun di samping itu, WSBK Argentina tetap akan memberikan tontonan yang sayang untuk dilewatkan. Sebab, masih ada perebutan sengit antar pebalap untuk menduduki peringkat runner up di klasemen akhir. Yang mana posisi kedua di klasemen akhir memang belum memungkinkan untuk terjadi perubahan nama.

Seperti kita ketahui, gelar Juara Dunia WSBK 2018 telah menjadi milik Rea meski balapan masih menyisakan dua seri lagi. Pebalap asal Irlandia Utara tersebut kini telah mengantongi 470 poin. Masih tersisa 100 poin lagi untuk diperebutkan di WSBK Argentina dan Qatar.

Di posisi kedua klasemen sementara WSBK 2018 masih diduduki oleh Chaz Davies. Pebalap Aruba.it Racing Ducati itu kemas 335 poin. Terpaut 135 poin, sudah tak ada peluang bagi Davies untuk mendongkel Rea dari puncak klasemen sementara WSBK 2018.

Maka akan menjadi menarik dalam hal ini untuk perebutan peringkat runner up WSBk 2018. Selain Davies yang berpeluang meraih posisi kedua di klasemen akhir WSBk 2018, juga ada Michael van der Mark. Pebalap Pata Yamaha itu kini kemas 209 poin atau tertinggal 26 poin dari Davies.

Baca Juga
5 Mantan Pebalap MotoGP dengan Poin Terbanyak
Bukan Cuma MotoGP, Berikut 7 Event Balap Motor di Bawah Dorna

Text : Suhartono | Photo / Video : WSBK | 14 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company