image

Mengenal Sirkuit Villicum di Argentina, Tuan Rumah Baru Untuk WSBK

Text : Suhartono | Photo / Video : WSBK | 14 October 2018

SPORTKU.COM

Dorna Sports memberikan pengalaman baru bagi para pebalap World Superbike (WSBK).

Memasuki putaran ke-12, Kejuaraan Dunia WSBK 2018 berlangsung di Argentina pada akhir pekan ini, 13-14 Oktober. Untuk pertama kalinya Argentina bakal menjadi tuan rumah dari ajang WSBK di bagian Amerika Selatan. Moment yang akan membuka sejarah baru di panggung WSBK dengan kehadirannya ke Argentina.

Untuk balapannya sendiri, WSBK Argentina 2018 akan diselenggarakan di Circuito San Juan Villicum atau lebih dikenal dengan sebutan Sirkuit Villicum. Keberadaan Sirkuit Villicum memang akan membawa Argentina ke panggung dunia olahraga motorsport yang lebih luas.

Sirkuit Villicum merupakan trek terbaru yang terletak di San Juan, Argentina. Sirkuit dirancang untuk membawa kembali balap tingkat atas baik level nasional maupun internasional ke Provinsi San Juan untuk pertama kalinya sejak Sirkuit El Zonda sudah tak layak pakai karena alasan keselamatan.

Sirkuit Villicum terletak di dekat Kota Albardon. Sirkuit baru ini berada di samping Ruta 40 yang ikonik. Ruta 40 sendiri merupakan jalanan sepanjang 5.000 kilometer yang membentang dari utara ke selatan Argentina, di sepanjang pegunungan Andes yang menakjubkan.

Ruta 40 adalah juga dijadikan sebagai objek wisata tidak hanya untuk penggemar motorsport, tetapi untuk semua wisatawan yang pergi untuk menemukan lanskap terbaik di negara tersebut. Ruta 40 merupakan jalanan terpanjang di Argentina dan salah satu yang terpanjang di dunia di samping rute seperti Route 66 AS, Trans-Canada Highway Kanada, dan Jalan Raya Stuart di Australia.

Baca Juga
Debut WSBK Argentina, Negara ke-24 di Kalender

Sirkuit Villicum dibangun dengan standar tinggi Grade A (FIM) dan Grade 2 (FIA). Selain menjadi tuan rumah WSBK, trek ini juga menggelar balapan lokal Turismo Carretera yang populer. Tak menutup kemungkinan Sirkuit Villicum juga akan segera menjadi penyelenggara untuk event-event besar lainnya.

Pertama kali diumumkan oleh pemerintah San Juan pada tahun 2015, Sirkuit Villicum telah melalui banyak iterasi desain, dengan masukan dari FIM yang menghasilkan tata letak akhir seperti saat ini. Sirkuit Villicum didesain oleh arsitek Argentina, Leonardo Stella. Pekerjaan pembangunan sirkuit telah dimulai pada Oktober 2016 dan akan menjadi Argentina sebagai negara ke-26 yang menjadi tuan rumah WSBK.

Dengan panjang keseluruhan trek mencapai 4,266 kilometer, Sirkuit Villicum menawarkan 19 tikungan, 11 ke kiri dan 8 ke kanan serta trek lurus terpanjangnya 1.039meter. Kapasitas tribun mampu menampung hingga sebanyak 10 ribu orang. Sirkuit Villicum juga dilengkapi pitlane yang mengesankan dengan 64 garasi.

Untuk menuju sirkuit, bisa ditempuh dari Bandara Internasional San Juan (Domingo Faustino Sarmiento). Sirkuit terletak 34 kilometer di utara dari bandara. Juga bisa dari Bandara Internasional Mendoza (Gobernador Francisco Gabrielli). Sirkuit terletak 183 kilometer sebelah utara dari bandara.

Baca Juga
Bukan Cuma MotoGP, Berikut 7 Event Balap Motor di Bawah Dorna
Pebalap MotoGP Raja Sosmed Sampai Yang Paling Hobi Ngevlog

Text : Suhartono | Photo / Video : WSBK | 14 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company