image

Perang Pebalap Muda di F1 2019

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 15 October 2018

SPORTKU.COM

Musim depan, balapan jet darat didominasi oleh wajah baru yang masih segar. Siapa saja mereka?

Sebenarnya, di tahun ini pebalap-pebalap muda sudah mengamankan beberapa kursi tim balap Formula 1. Namun, jika dibandingkan dengan tahun depan, sudah pasti akan semakin banyak wajah-wajah baru nan segar untuk berkompetisi di ajang balap paling bergengsi ini. Nama baru yang siap meramaikan persaingan di tahun depan adalah George Russell, pebalap yang saat ini masih bertarung di kancah Formula 2.

George Russell, secara resmi telah dikontrak oleh Williams Racing. Posisinya di tim tersebut menggantikan Lance Stroll yang hijrah ke Force India. Lance Stroll sendiri merupakan sang putra mahkota miliarder asal Kanada, Lawrence Stroll yang telah membeli mayoritas saham Racing Point Force India.

Kepastian George Russell menjadi pebalap Williams diumumkan beberapa waktu lalu, dan dikonfirmasi secara resmi oleh Williams dalam menyambut pebalap mudanya tersebut.

"Saya merasa berada di tingkat atas dunia. Ini adalah mimpi panjang untuk berada di Formula 1 sejak saya memulai balapan di usia tujuh tahun. Ini perjalanan panjang. Sejujurnya, ini begitu mengagumkan," ujar Russell, seperti dikutip BBC.com.

Baca juga:
MESSI SERANG MARADONA

Selain George Russel yang menjadi pendatang baru, nama seperti Antonio Giovinazzi, juga mendapat sorotan. Pebalap kelahiran Italia tersebut, memang sudah lama lulus dari Formula 2 dan menjadi pebalap ketiga Scuderia Ferrari. Namun, satu kursi Scuderia Ferrari belum bisa menjadi miliknya, melainkan diserahkan kepada Charles Leclerc, pebalap muda yang kini tengah bersinar bersama Alfa Romeo Sauber F1.

Kapasitas Antonio Giovinazzi sebagai pebalap jangan dipandang sebelah mata. Kemampuannya yang di atas rata-rata saat melakoni balapan Formula 2, patut diwaspadi oleh mereka yang akan bertarung di musim depan Formula 1. Meski harus memulai dari tim papan bawah, sejatinya performa Antonio masih terbilang gres dibandingkan pebalap lainnya.

Pebalap muda lainnya yang akan meramaikan starting grid Formula 1 2019 adalah Lando Norris. Pebalap yang bernaung di bawah Carlin ini, sukses mengamankan satu kursi di McLaren. Kehadiran Lando Norris di McLaren, sebagai pengganti dari Stoffel Vandoorne, yang terpaksa diputus menyusul kabar pensiunnya Fernando Alonso. Kini, Norris, tengah berada di posisi ketiga klasemen Formula 2 dengan total 197 poin.

Baca juga:
SIMIC BAWA PERSIJA PERMALUKAN MU

Nama pebalap muda lainnya yang juga mencuri perhatian adalah Charles Leclerc. Ia resmi berseragam Scuderia Ferrari untuk musim depan, dan bertandem dengan Sebastian Vettel untuk membawa Scuderia Ferrari menjadi juara. Performa pebalap kelahiran Monaco tersebut di tahun ini terbilang moncer. Beberapa kali ia masuk dalam rombongan sepuluh besar dan berhasil menyumbangkan poin untuk Alfa Romeo Sauber.

Sementara itu, Pierre Gasly, yang kini berada di bawah Scuderia Toro Rosso, tahun depan akan naik ke tim yang lebih bonafit dan lebih besar, Red Bull Racing. Kepindahannya tersebut, sebagai pengganti Daniel Ricciardo yang hengkang menuju Renault Sport.

Kehadiran lima pebalap muda di atas lintasan tak ayal menjadi daya tarik tersendiri. Secara prestasi, dari kelima pebalap tersebut, Charles Leclerc masih yang paling unggul dalam hal pengalaman. Meskipun beberapa kali Antonio Giovinazzi beberapa kali mencicipi aspal Formula 1 bersama Sauber di tahun lalu, namun jika dibandingkan dengan Leclerc, Antonio masih kalah tipis.

Baca juga:
KEPUTUSAN TOYOTA GAZOO RACING DIPERTANYAKAN

Sedangkan dua pebalap baru seperti Lando Norris dan George Russel, berdasarkan hasil klasemen yang masih terus berlangsung di Formula 2, Russell, terlihat lebih unggul. Meskipun demikian, jika dikonversi ke ajang Formula 1 tahun depan, dari beberapa hasil balapan, Williams Racing masih belum sebaik McLaren.

Namun, faktor lain juga akan berpengaruh di balapan nanti. Kira-kira, dari seluruh pebalap muda yang eksis di tahun depan, siapa yang akan tampil dominan dengan prestasi? Kita tunggu kiprah mereka dalam musim depan!

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 15 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

5 Fakta Baru di TTI

5 Fakta Baru di TTI

CIRCUIT
Safety Car McLaren British GT

Safety Car McLaren British GT

SPORTCAR
Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

CIRCUIT
Mobil Balap Baru Toyota

Mobil Balap Baru Toyota

SPORTCAR

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company