image

Ungguli Sagan, Simon Yates Dipastikan Juara WorldTour 2018

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 16 October 2018

SPORTKU.COM

Simon Yates (Mitchelton-Scott) akan dinobatkan sebagai juara WorldTour (Tour Dunia) 2018 pada akhir pekan ini.

Pebalap Inggris itu tetap berada di peringkat teratas, setelah Il Lombardia dan Tour of Turkey yang berakhir pada pekan lalu. Tour of Guangxi pada pekan ini adalah event terakhir pada kalender WorldTour musim ini.

Tidak ada perubahan dalam peringkat 10 besar setelah akhir pekan lalu, dengan Yates, sebagai pemimpin sejak memenangkan Vuelta a España pada pertengahan September lalu. Yates unggul atas Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) dan Alejandro Valverde (Movistar). Geraint Thomas (Team Sky) dan Greg Van Avermaet (BMC Racing) melengkapi pada peringkat lima besar.

Baik Yates maupun Sagan tidak berlomba di level WorldTour setelah Vuelta. Di sisi lain, Valverde berlomba Il Lombardia. Tetapi rider asal Spanyol itu tidak membuat terobosan signifikan setelah hanya mampu finish di peringkat 11. Jika dia memenangkan perlombaan, dia masih terpaut 500-poin dari Yates.

Yates sendiri saat ini mengoleksi 3.072 poin, Sagan 2.992 poin dan Valverde 2.609 poin. Tak satu pun dari mereka yang berlomba di Tour of Guangxi sehingga tak ada peluang lagi bagi klasemen untuk berubah.

Faktanya, tidak ada satu pun pebalap di peringkat 15 besar yang berlomba di China pekan ini, sehingga perubahan yang mungkin terjadi hanyalah peningkatan kecil untuk Jasper Stuyven (Trek-Segafredo) - kini diperingkat 19, Arnaud Démare -di peringkat 20, dan Richie Porte dari BMC- diperingkat 25. Untuk Stuyven atau Démare, untuk bisa masuk ke peringkat 10 besar, keduanya harus memenangkan setiap etape dan menjadi juara umum.

Baca juga:
BATIK AIR RACING TEAM RAIH PODIUM PERTAMA DI IDH SERI 4

Baca juga:
PEBALAP SATELIT BIKIN KEJUTAN DI RACE 2 WSBK ARGENTINA

Yates mengumpulkan poin yang membuatnya unggul secara signifikan di Vuelta, selain mencetak skor dengan baik di sepanjang musim ini. Dia memenangkan tiga etape di Giro d'Italia, kemenangan etape dan kedua klasemen umum di Paris-Nice, juara etape dan peringkat keempat klasemen umum di Volta a Catalunya, serta juara etape dan di posisi kedua klasemen umum di Tour de Pologne.

Yates memang memiliki nilai tertinggi di klasifikasi WorldTour. Tetapi ia berada diperingkat kedua di 'World Ranking' (ranking dunia), yang dihitung selama 12 bulan, daripada dari awal hingga akhir musim. Valverde memimpin klasemen tersebut, dengan Elia Viviani (Quick-Step Floors) di posisi ketiga.

Sementara itu pada kategori tim WorldTour, Quick-Step Floors memimpin di pucak klasemen, unggul atas atas Team Sky di kedua, dan Bora-Hansgrohe di posisi ketiga.

Pennyerahan gelar juara WorldTour akan diberikan pada acara UCI Cycling Gala, setelah Tour of Guangxi, yang akan dimulai pada hari Selasa dan berakhir pada Minggu ini.

Simon Yates finish di posisi kedua pada etape 19 (Foto: La Vuelta)


simon-yates-perlebar-jarak-9426129c1a98db0.jpg

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 16 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company