image

Sebelas Negara Pulang Tanpa Medali di Asian Para Games 2018

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 16 October 2018

SPORTKU.COM

Dari 43 negara yang mengikuti Asian Para Games 2018, sedikitnya ada 11 negara yang harus pulang tanpa medali.

Ajang multi sport internasional pertama di Asia yang mengikutsertakan atlet-atlet dengan disabilitas berbeda telah usai diselenggarakan di Jakarta pada (6-13/10). Banyak momen mengharukan yang terjadi selama perhelatan akbar tersebut, ada juga momen bersejarah yang terukir.

Indonesia sendiri mampu menciptakan sejarah dengan menduduki peringkat kelima di Asian Para Games 2018, dengan posisi pertama di raih oleh China, kedua Korea, disusul oleh Iran, dan selanjutnya adalah Jepang.

Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari mengatakan, bahwa Asian Para Games 2018 adalah terbesar yang pernah ada. Hal itu dibuktikan dengan total peserta yang mengikuti hampir mencapai angka 3.000 atlet. Sementara jumlah kontingen negara yang ikut ada 43.

Baca Juga :
Momen Mengharukan Selama Asian Para Games 2018

Meski berlangsung sukses, Okto mengatakan perjalanan penyelenggaraan kegiatan menemui banyak kendala. Mulai dari waktu persiapan yang terbilang sebentar, yakni hanya 15 bulan.

"Bersyukur bisa melewati tantangan. Banyak sekali momen yang kita kenang untuk menjadi sejarah. Perjuangan mencari anggaran, penyamaan persepsi dan lain-lain, kita dapat dukungan dari media. Kami ucapkan terima kasih," ujar Okto.

Namun, dari 43 negara peserta, terdapat 11 negara yang harus pulang tanpa medali, diantaranya Afghanistan, Bhutan, Brunei Darussalam, Cambodia, DPR Korea, Kyrgyz Republic, Lebanon, Nepal, Palestina, Tajikistan, dan Yemen.

Meskipun begitu, Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla tetap mengapresiasi semangat juang para atlet yang sudah bertanding di ajang empat tahunan tersebut.

"Anda memang berkebutuhan khusus, tetapi Anda tidak kekurangan prestasi dan kejayaan. Anda semua adalah pemenang. Bukan hanya pemenang dalam kompetisi, tetapi juga kemanusiaan," ujarnya dalam pidato upacara penutupan Asian Para Games 2018 yang diselenggarakan pada Sabtu (13/10) di Stadion Madya GBK, Jakarta.

Baca Juga :
Kenapa Asian Para Games 2018 Sepi Penonton?

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 16 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company