image

Sejarah Sirkuit Amerika Tempat Berlangsungnya Balapan Formula 1

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 17 October 2018

SPORTKU.COM

Circuit of the Americas (COTA) pertama kali menggelar balapan Formula 1 pada Oktober 2012.

Kejuaraan Formula 1 akan segera memasuki putaran ke-18 yang diselenggarakan di wilayah Austin, Texas pada akhir pekan ini (21/10). Namun, sebelum kita melihat siapa pebalap yang mampu menaklukkan COTA di musim ini, terlebih dahulu kita simak sejarah dari Circuit of the Americas.

Layout sirkuit ini didesain oleh promotor Tavo Hellmund dan juara MotoGP 1993, Kevin Schwantz, beserta arsitek sekaligus desainer sirkuit asal Jerman, Hermann Tilke.

Sirkuit yang memiliki panjang lintasan 5,513km dengan 20 tikungan ini pertama kali diajukan untuk menggelar balapan F1 pada tahun 2010. Kemudian, pembangunannya dikerjakan pada awal 2011 dengan layout berlawanan arah jarum jam.

Sirkuit ini sebelumnya bernama Sirkuit Internasional Austin. Namun, dalam sebuah konferensi pers pada 12 April 2011 berganti nama menjadi Circuit of the Americas. Selain F1, COTA juga kerap mengadakan balapan MotoGP.

Balapan F1 tahun 2012 di Austin, merupakan yang pertama kali di Amerika Serikat setelah sebelumnya sempat terhenti di tahun 2007, di Indianapolis. Maka tidak heran jika saat itu ada lebih dari 100.000 penonton memenuhi venue di Austin untuk menyaksikan kemenangan terakhir Lewis Hamilton di McLaren sebelum beralih ke Mercedes untuk 2013.

Pebalap Inggris Raya itu juga mampu membukukan waktu 1jam 35menit 55,269detik, disusul oleh Sebastian Vettel dari Red Bull dengan selisih waktu 0,675detik, dan Fernando Alonso bersama Ferrari menutup raihan podium ketiga dengan selisih waktu yang cukup jauh dari Hamilton, yakni 39,229detik.

Baca Juga :
Sean Gelael Beraksi di GP Amerika Serikat Bersama Toro Rosso

Persiapan untuk GP Austin 2012 sempat dilanda berbagai masalah dan pembangunan gedung juga terhenti pada November 2011 karena pihak penyelenggara bersengketa dengan bos F1, Bernie Ecclestone.

Saat itu, pihak penyelenggara mengatakan bahwa mereka tidak akan meneruskan pembangunan karena belum mendapat kontrak resmi dari F1.

Musim lalu, balapan F1 di COTA juga sempat menuai masalah. Sejumlah tim dibuat frustasi oleh pihak penyelenggara karena adanya konser Justin Timberlake yang membuat perubahan di jeda waktu jelang babak kualifikasi.

Jeda waktu yang biasanya dua jam, menjadi empat jam. Hal ini bertujuan untuk menarik lebih banyak orang agar bertahan menyaksikan konser pada malam harinya dan juga membuat orang yang sebenarnya hanya ingin melihat konser datang lebih awal dan melihat mobil F1 beraksi untuk pertama kalinya.

Namun, kebanyakan tim tidak setuju karena perubahan tersebut akan mengacaukan rutinitas yang sebenarnya tidak dapat diganggu-gugat. Perubahan tersebut akan menambah jam kerja anggota tim, mereka akan selesai dua jam lebih lama dari biasanya, sedangkan mereka harus tetap memulai pekerjaan seperti biasa.

Selanjutnya, seluruh pebalap akan beraksi dengan mengitari COTA sebanyak 56 lap dengan total jarak tempuh 308,405km. Pebalap yang berhasil memecahkan rekor adalah Sebastian Vettel di musim 2017 dengan raihan waktu terbaiknya 1menit 37,766detik.

Sudut-sudut di lintasan COTA sepertinya sudah akrab bagi seluruh pebalap F1, di mana pada tikungan ketiga sampai keenam memiliki kecepatan tinggi yang mirip dengan sirkuit di Silverstone. Sementara di tikungan ke-12 hingga 15 serupa dengan Hockenheim.

Berikut adalah lima pemenang GP Amerika Serikat yang berlangsung di Circuit of the Americas.

2017 : Lewis Hamilton (Mercedes)
2016 : Lewis Hamilton (Mercedes)
2015 : Lewis Hamilton (Mercedes)
2014 : Lewis Hamilton (Mercedes)
2013 : Sebastian Vettel (Red Bull)
2012 : Lewis Hamilton (McLaren)

Baca Juga :
MENGENAL LEBIH DEKAT 21 SIRKUIT F1 2018

Hamilton saat memenangkan GP Austin, Amerika 2017

gp-amerika-2017-mercedes-team-31377a0f7738567.jpg

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 17 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Akhir Penantian Panjang Persija

Akhir Penantian Panjang Persija

TOPIC OF THE WEEK
MotoGP 2019 Mulai Bergejolak

MotoGP 2019 Mulai Bergejolak

TOPIC OF THE WEEK
Happy Birthday Emerson Fittipaldi!

Happy Birthday Emerson Fittipaldi!

TOPIC OF THE WEEK
Kisah Hidup Luka Modric

Kisah Hidup Luka Modric

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company