image Cester Semenya, atlet putri transgender yang menjadi juara atletik di Olimpiade Rio  (Foto: Getty Images South America) Rachel McKinnon,juara dunia track master wanita 2018 (foto: Twitter/rachelvmckinnon)

Juara Dunia Balap Sepeda Track, Wanita Transgender Ini Tuai Kontroversi

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Mirror | 17 October 2018

uploads/news/2018/10/wanita-transgender-juara-dunia-9398784f2e79e3c.jpg

Wanita Transgender Juara Dunia Track

wanita-transgender-juara-dunia-89050156005c5ba
wanita-transgender-juara-dunia-55179f3ccdd27d2
SPORTKU.COM

Seorang akademisi perguruan tinggi yang merupakan wanita transgender, berhasil keluar sebagai juara dunia balap sepeda track.

Rachel McKinnon, nama wanita transgender tersebut, berhasil menjadi juara di ajang UCI Masters Track Cycling World Championships kategori 30-34 tahun, pada Minggu lalu di Los Angeles, AS. Rachel McKinnon unggul atas Carolien Van Herrikhuyzen (Belanda) dan Jennifer Wagner.

Peristiwa ini merupakan yang pertama kali di dunia olahraga balap sepeda dan langsung menuai kontroversi.

Foto podium Rachel McKinnon yang dilengkapi dengan keterangan: “Juara Dunia wanita transgender pertama..yang pernah ada” yang diunggah ke Twitter pun menuai beragam respon dari warga dunia maya.

Seorang komentator menjawab: “Kemenangan yang tidak adil dan tak perlu dirayakan. Lihatlah perbedaan ukuran dan massa otot.”

Balasan lainnya: “Tentu saja kamu menang.”

Komentar lainnya menyatakan: “Saya sebenarnya mendukung hak Anda untuk menjalani hidup yang Anda pilih. Tapi untuk berpura-pura Anda bersaing di arena yang sama dengan para wanita ini adalah lelucon. Testosteron membuat perbedaan. Kemenangan ini adalah lelucon.”

“Selamat untuk para wajah pemberani peraih perak & perunggu. Dunia dicekam kegilaan,” komentar lainnya.

Baca juga:
DANNY MACASKILL BERSENANG-SENANG DI LINTASAN BASAH DAN BERLUMPUR

Baca juga:
USAIN BOLT DIINCAR KLUB EROPA

Kepada USA Today, Rachel mengaku, dalam pertarungannya dia diakui sebagai atlet wanita. Dia menambahkan bahwa apa yang dilakukannya lebih besar dari olahraga, tapi tentang juga hak asasi manusia.

“Dengan melayani pandangan orang-orang yang cisgender, hal itu akan meningkatkan penindasan terhadap kaum transgender,” kata Rachel.

Kejadian serupa pernah terjadi pada atlet Afrika Selatan, Cester Semenya, yang menjadi juara di cabang atletik nomor 800m putri pada Olimpiade Rio lalu.

Untuk diketahui, atlet yang sebelumnya menjalani trangender memiliki kondisi yang dikenal sebagai hiperandrogenisme yang mampu meningkatkan kadar testosteron secara alami.

Pada tahun 2015, pengadilan arbitrase olahraga menganulir aturan federasi asosiasi atletik internasional (IAAF) dan memaksa atlet yang memiliki kadar testosteron tinggi, untuk menggunakan obat penekan hormon.

Cester Semenya, atlet putri transgender yang menjadi juara atletik di Olimpiade Rio (Foto: Getty Images South America)
wanita-transgender-juara-dunia-89050156005c5ba.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Mirror | 17 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Tugas Anneke Beerten di Specialized

Tugas Anneke Beerten di Specialized

RIDER
Specialized Rangkul Anneke Beerten

Specialized Rangkul Anneke Beerten

RIDER
Campenaerts Bertekad Pecahkan Rekor

Campenaerts Bertekad Pecahkan Rekor

RIDER
Agassiz Bergabung ke Evil

Agassiz Bergabung ke Evil

RIDER

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company