image

Perebutan Gelar Juara Dunia Hamilton di Austin

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 18 October 2018

SPORTKU.COM

Kemenangan besar di Grand Prix Jepang dua pekan lalu, telah membuat Lewis Hamilton semakin mendekati mahkota juara dunia kelimanya.

Kejuaraan Formula 1 akan memasuki putaran ke-18 yang berlangsung di Circuit of the Americas (COTA) pada akhir pekan ini, Minggu (21/10). Sebagai pebalap yang kini berada di puncak tertinggi klasemen sementara, Hamilton telah menjadi pemegang rekor teladan di Austin.

Pasalnya, ia telah memenangkan lima kali balapan dari total enam balapan yang telah berlangsung sejak 2012 di COTA. Selain itu, pebalap berkebangsaan Inggris ini juga pernah meraih gelar juara dunia ketiganya di musim 2015.

Hamilton kini berada di jarak yang cukup jauh dengan rival terdekatnya, Sebastian Vettel, dengan selisih 67 poin.

Namun, pebalap berusia 33 tahun itu sebenarnya bisa saja mendulang kesuksesan yang sama di 2015 dengan meraih gelar juara dunia kelimanya di Austin akhir pekan ini, asalkan ia bisa menjadi juara dan posisi Vettel berada di urutan ketiga, atau lebih rendah. Tapi, bisa saja Hamilton berada di posisi kedua dengan kondisi Vettel menempati urutan kelima atau lebih rendah.

Atau, Hamilton menyelesaikan balapan di urutan ketiga, tapi Vettel berada di peringkat ketujuh atau lebih rendah. Atau, Hamilton finish keempat dan Vettel kedelapan atau lebih rendah.

Baca Juga :
Sejarah Sirkuit Amerika Tempat Berlangsungnya Balapan Formula 1

Atau, Hamilton berakhir di urutan kelima, sedangkan Vettel menyelesaikan balapan di peringkat kesembilan atau lebih rendah. Atau, Hamilton finish keenam dan Vettel tidak mencetak poin sama sekali di Austin.

Namun, jika ternyata Hamilton harus berakhir di urutan ketujuh atau lebih rendah, maka ada kemungkinan gelar juaranya akan ditangguhkan. Bahkan, jika Hamilton berhasil menang di GP Austin, sedangkan Vettel berada di podium kedua, maka pertarungan mereka dipastikan masih akan berlanjut di Meksiko.

Seperti diketahui, poin yang didistribusikan untuk setiap posisi adalah, peringkat pertama sebesar 25 poin, kedua 18 poin, ketiga 15 poin, keempat 12 poin, kelima 10 poin, keenam 8 poin, ketujuh 6 poin, kedelapan 4 poin, kesembilan 2 poin, dan kesepuluh 1 poin.

Lain halnya jika ternyata Hamilton bermain buruk di Austin besok, maka secara tidak langsung hal itu akan memberikan secercah harapan kepada Vettel untuk melakukan hal sebaliknya, yaitu menghapus poin besar Hamilton.

"Saya telah memberi peringatan kepada semua pebalap dan tim untuk tidak merasa puas diri. Karena, insiden aneh bisa terjadi di mana-mana. Sebuah DNF (Do Not Finish) dan akibat buruk yang menyebabkan penghapusan poin-poin besar," kata Wolff seperti yang dikutip dari Crash.

"Saya mengetahui dari sudut pandang probabilitas, dan tidak terlihat seperti itu. Tapi ini adalah balapan, ini olahraga, dan apapun bisa saja terjadi," tambahnya.

Baca Juga :
Nicholas Latifi Kembali Beraksi di Balapan F1

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 18 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company