Razlan Buka Rahasia Sirkuit Sepang Keluar dari F1

Text : Suhartono | Photo / Video : Tim SPORTKU.com | Editor: Andi Wahyudi | 18 October 2018

SPORTKU.COM

Dato' Razlan Razali, pria tersebut kini menjabat sebagai CEO Sepang International Circuit (SIC) sejak tahun 2008 silam.

Sejak menjabat sebagai CEO Sirkuit Sepang, Razlan melakukan berbagai langkah hebat. Hingga akhirnya dia membawa sukses Malaysia sebagai salah satu tujuan wisata olahraga motorsport dunia. Sirkuit Sepang yang sudah mulai mendatangkan MotoGP sejak 1999 silam kini terus mendapat perhatian dunia.

Pada tahun 1999 hingga pertengahan 2009, Sirkuit Sepang berada di bawah naungan Malaysia Airports Holdings Berhad yang juga membawahi Kuala Lumpur International Airport/KLIA. Namun KLIA melakukan perubahan besar-besaran yang ditandai dengan melepasnya kepemilikan Sirkuit Sepang kepada pemerintahan Malaysia.

"Mereka (Malaysia Airports) membuang bisnis-bisnis yang tidak berkaitan dengan airport, termasuk Sirkuit Sepang yang diserahkan ke Kementrian Keuangan (Malaysia). Jadi sejak pertengahan tahun 2009 ada di bawah Kementrian Keuangan, hingga sekarang," ungkap Razlan.

Namun, meski berada di bawah Kementrian Keuangan, Razlan mengatakan tak ada perubahan management atau operate yang ditekankan oleh pihak Pemerintah Negeri Jiran. Hal itu justru membuat Sirkuit Sepang kini terus berkembang pesat dengan berbagai event digelar di sana pada setiap tahunnya.

Selama 10 tahun berada di bawah kepemimpinan Razlan, tak mudah baginya untuk terus menjaga eksistensi Sirkuit Sepang. Salah satunya yang terjadi adalah saat Razlan harus mencoret Kejuaraan Dunia Formula 1 (F1) dari kalender Sirkuit Sepang. Tahun 2017 menjadi musim terakhir Sirkuit Sepang gelar F1 yang sudah digelar sejak 1999.

Pemerintah Malaysia pun memilih untuk lebih fokus pada balapan MotoGP. Ini sejalan dengan keinginan untuk mengubah Sirkuit Sepang menjadi pusat olahraga motor di Malaysia. Hal ini juga mendapat dukungan penuh dari Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman.

Biaya yang mahal membuat Sirkuit Sepang keluar dari kalender F1. Sedangkan peminat F1 di Malaysia juga tak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

Ingin tahu lebih lanjut alasan Razlan mencoret F1 dari Sirkuit Sepang? Simak video wawancara eksklusif berikut.

Baca Juga
Razlan, Jadikan Sirkuit Sepang Sebagai Trek Paling Sibuk (Video)
Ketika Kritikan Rossi Berbuah Manis

Text : Suhartono | Photo / Video : Tim SPORTKU.com | Editor: Andi Wahyudi | 18 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company